Masih Ragu Ngejalanin Usaha Sendiri? Ambil Aja Peluangnya, Asalkan Kamu Ingat 4 Hal Ini


Mempunyai usaha atau bisnis sendiri emang menggiurkan. Buktinya banyak orang, terutama anak muda kaya kamu, yang lebih tertarik membuka usaha ketimbang bekerja untuk orang lain.

Tapi itu bukan berarti dunia bisnis nggak mengandung risiko sama sekali. Nggak jarang orang memulai bisnisnya hanya bermodalkan niat tapi nihil perencanaan yang matang, dan akhirnya harus merelakan usahanya gulung tikar karena sepinya permintaan. Risiko macam inilah yang menimbulkan keraguan dalam diri orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Apa kamu termasuk di antaranya?

Singkirkan aja keraguanmu itu dan teguhkan keinginan. Tapi, sebaiknya perhatikan dulu 4 hal ini sebelum kamu memulai bisnis sendiri.

1. Perhatikan Apa yang Dibutuhkan Masyarakat, Lalu Ciptakan Inovasi

customerneeds
via salesforce.com

Barang dan jasa yang akan kamu tawarkan harus punya nilai guna bagi pembeli. Semakin tinggi nilai kegunaannya, maka penawaran kamu akan semakin dibutuhkan.

Berdasarkan hal tersebut, lalu kamu tawarkan sesuatu yang baru, unik, dan inovatif. Emang sih, kemungkinan munculnya pesaing akan tetap ada. Tapi jika kamu udah lebih dulu eksis, itu pun bakal memberikan keuntungan tersendiri buat kamu. Misalnya, nama produk kamu lebih dikenal ketimbang pesaing baru dan kamu udah lebih mengenal keadaan pasar dimana kamu berkecimpung.

Tapi ini bukan berarti kamu harus menemukan sesuatu yang benar-benar baru. Zaman terus berkembang, dan makin ke sini kebutuhan masyarakat juga makin kompleks. Zaman dulu nggak ada orang yang butuh transportasi online. Sekarang sebaliknya, orang-orang butuh transportasi online karena teknologi udah mendukung kebutuhan tersebut.

Ini artinya, kamu bisa membuat inovasi dengan memanfaatkan sistem yang lebih modern.

2. Tanya Pada Diri Sendiri Sebelum Meniru Usaha Orang Lain yang Sukses

Langkah-Tepat-Memulai-Bisnis-Coffee-Shop-1
via todaybisnis.com

Emang nggak ada yang salah dengan mencoba meniru kesuksesan orang lain. Contohnya, jika kamu lihat teman kamu berhasil dalam bisnis tertentu, kamu berhak mengikuti jejaknya.

Tapi banyak faktor yang berperan dalam kesuksesan suatu bisnis. Kalau kamu tertarik meniru usaha orang lain, sebaiknya kamu pikirkan dulu baik dan buruknya dengan seksama. Apa kamu punya modal yang cukup dalam menghadapi persaingan? Apa produk yang kamu jual itu punya keunggulan berarti dibanding produk pesaing? Dan itu baru segelintir pertanyaan dari banyaknya pertanyaan yang mesti kamu pikirkan.

Kalau kamu perhatikan, fenomena semacam itu seakan udah menjadi hukum ekonomi. Begitu satu bentuk usaha baru terbukti sukses, belasan hingga puluhan usaha sejenis bermunculan dan menyatakan siap jadi pesaing. Tapi dari semuanya, berapa yang bisa bertahan? Mungkin hanya dua sampai empat. Sedangkan yang lainnya kalah bersaing, terutama yang modalnya pas-pasan.

3. Pertimbangkan dengan Matang Apabila Ingin Membuka Usaha Berdasarkan Peluang Bisnis yang Lagi Laris Manis

BusinessDecline-770×400
via vennli.com

Karena nggak semua tren bakal bertahan selamanya!

Beberapa tren bahkan cuma bisa mempertahankan popularitasnya dalam jangka waktu singkat, atau dengan kata lain, itu adalah tren musiman. Dan bahaya dari usaha yang terlalu mengandalkan tren ialah jika sang pengusaha kurang bisa membaca keadaan; ia nggak siap jika tren tersebut udah habis masa jayanya. Modal yang udah digelontorkan akhirnya nggak balik lagi karena bisnisnya udah sepi peminat.

Well, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan tren. Cuma sebaiknya, kamu nggak perlu menjadikannya sebagai rencana jangka panjang. Misalnya, kamu pengen membuka usaha berdasarkan tren yang kamu sendiri sadari bakal turun dalam satu tahun ke depan. Tapi kamu pun mesti mulai merencanakan usaha apa yang akan kamu buka selanjutnya begitu tren tersebut usai. Lalu gunakan profit yang akan kamu dapat dari tren tersebut untuk memulai usaha jangka panjang kamu nanti.

4. Lakukan Riset

SmallResearch_computer_0
via sanastore.com

Mau itu soal ide bisnis sampai tentang kondisi daya beli masyarakat, intinya kamu wajib melakukan riset saat kamu mau memulai dan saat kamu udah berkecimpung dalam bisnis, karena pasar itu adalah sesuatu yang dinamis dan akan selalu bergerak mengalami perubahan. Menjadi seorang pengusaha artinya nggak ada lagi waktu buat bermalas-malasan lho.

Tentu kamu udah siap, kan? Harus dong, hehehe, meskipun prosesnya tentu aja nggak semudah membalikkan telapak tangan…

Yup, hidup itu nggak mudah, kawan. Belum lagi jika memikirkan hal-hal tak terduga yang bisa terjadi saat kita tengah bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan sekaligus mewujudkan impian kita. Maka dari itu, nggak ada salahnya kan kalau kamu melindungi diri dan keuangan kamu dengan asuransi.

Oke, oke, mungkin ada di antara kamu yang males ngurusin atau ogah rugi dalam membeli asuransi. Tapi itu mungkin karena kamu belum denger tentang Asuransi Siap Saji.

“Apaan tuh? Kaya makanan aja pake siap saji segala.” Nih, Asuransi Siap Saji adalah asuransi yang bakal melindungi kamu dengan instan, mudah, dan terjangkau. Instan karena hanya melalui proses 10 menit kamu bisa langsung terlindungi. Mudah karena kamu bisa beli asuransi ini cuma dengan tiga langkah: pilih produk yang sesuai buat kamu, isi data, dan bayar antara pakai kartu kredit atau transfer bank.

Ada banyak produk yang bisa dipilih, dari asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa paling dasar dengan premi yang dipatok nyaris setara secangkir kopi di kafe, yakni Rp 27 ribu per bulan. Sampai asuransi yang ngasih Santunan Harian jika kamu dirawat inap di rumah sakit dengan premi mulai dari Rp 45 ribu/bulan. Ada juga produk yang siap bantu kamu merencanakan finansial agar kamu bisa dengan bahagia menghadapi masa pensiun dengan premi mulai dari Rp100 ribu/bulan. Intinya, ilovelife.co.id menyediakan beragam produk yang bisa mengakomodir kebutuhan kamu.

Gimana, tertarik? Kalau kamu mau beli produk-produk di atas, mending buruan dari sekarang. Karena dari tanggal 12 sampai 16 Juni 2017 ini ada program iLoveLife Flash Deal lho, dimana kamu bisa sekalian dapetin Grand Prize yang bikin ngiler. Kamu pasti nggak akan nolak hadiah macam iphone 7 plus, Macbook Air, FujiFilm XT 10, atau tiket pulang pergi ke Jepang, Korea, Hong Kong, atau Thailand, kan? Hehehe. Tapi kamu harus cepet-cepet belinya, karena bukan kamu doang yang pengen dapet Grand Prize dan hadiah-hadiah menarik lainnya.

Masih mau buang waktu? Buruan liat mekanisme ikutan iLoveLife Flash Deal. Sekarang bukan waktunya lagi buat menunda-nunda punya asuransi. Percaya deh, kalau kamu udah mengantisipasi masa depanmu dengan asuransi, suatu saat nanti kamu bakal bilang #UntungSiap.

Print

Shares 2K
Previous Dengan Memperhatikan Beberapa Hal Ini, Nurunin Berat Badan Saat Puasa Jadi Mudah, Lho!
Next [DIY] Mau Bikin Baju Barbie dari Permen? Bisa Banget! Udah Gampang, Murah Pula