Menurut kamu, kira-kira seperti apa hidup yang indah itu? Apa kehidupan yang santai luar biasa seperti hidupnya Kabayan? Bangun tidur, ngopi, siang tidur lagi, bangun, ngopi, terus aja kaya gitu. Wuih, kayanya nikmat banget, ya!? Tapi manusia yang punya ambisi pasti bakal bilang kalau kehidupan kaya gitu nggak akan memuaskan hati.

Di lubuk hati, kamu pasti punya keinginan buat dikenang oleh orang banyak, kan? Dan kamu pun pasti udah tahu salah satu cara biar kamu bisa dikenang sebagai orang hebat adalah dengan menciptakan sesuatu yang hebat; karya kreatif yang bisa dikagumi oleh orang banyak.

“Untuk menciptakan suatu karya kreatif, apa yang harus saya lakukan?” mungkin kamu bertanya. Kalau kamu merasa kebingungan kayak gini, itu mungkin karena selama ini kamu cuma berpikir sendirian. Padahal nih, seperti kata pepatah “Dua kepala lebih baik dari satu kepala”, kamu bakal lebih mudah menciptakan karya kalau kamu berbagi visi dengan orang lain. Yup, kita lagi ngebicarain karya kreatif hasil kolaborasi!

Nah, biar lebih bisa kamu mengerti dengan gampang, perhatikan deh 4 karya kolaborasi kreatif yang bisa jadi bahan inspirasi buat kamu ini, #NantiJugaLoPaham.

1. Ketika Aktor dan Sutradara Bertalenta Bekerja Sama, Film Masterpiece Siap untuk Ditonton

steven_spielberg_tom_hanks
via denofgeek.com

Siapa yang nggak kenal Tom Hanks dan Steven Spielberg? Aktor dan Sutradara kawakan ini udah malang-melintang sedari dulu dan udah menghasilkan banyak film keren sepanjang karier mereka. Nggak heran, dengan kualitas yang mereka miliki, film-film hasil kolaborasi mereka pun telah diakui oleh banyak pihak, mau itu penonton biasa maupun para kritikus.

Buktinya bisa kamu liat di karya-karya mereka, seperti Saving Private Ryan, The Terminal, Band of Brothers, The Pacific, Catch Me If You Can, dan Bridge of Spies. Hayoo, pasti kamu udah nonton film-filmnya, kan? Jadi kamu udah bisa menilai gimana bagus dan serunya karya kolaborasi mereka.

2. Nike Dunk Low dan Chris Lundy, Sentuhan Magis dari Penggemar Selancar

nike-dunk-low-premium-by-chris-lundy-cloud-cloud-british-tan-white-030133_2
via flightclub.com

Apa jadinya bila seniman sekaligus mantan peselancar mendesain sneakers? Hasilnya adalah Nike Dunk Low, sepatu dengan tema selancar dan ombak karya Chris Lundy yang ciamik ini. Nggak cuma diakui bagus dari motifnya aja, sepatu ini juga banyak diburu orang, lho! Alasannya tentu aja, jumlah sepatu spesial macam ini nggak sebanyak sepatu-sepatu biasa.

Hmm… coba kalau dulu setiap sekolah memberi murid sepatu yang unik kayak gini.

3. Ketika Relasi Antara Ayah dan Anaknya yang Berkebutuhan Khusus Ditampilkan Lewat Foto

Timothy Archibald
“Google Eyes Shuttle” by Timothy Archibald via timothyarchibald.com

Setiap keunikan pasti punya kelebihan, mungkin itu yang dipikirkan Timothy Archibald, seorang fotografer sekaligus ayah dari anak yang punya kondisi autisme. Ia sadar akan kondisi sulit anaknya, Elijah, tapi di sisi lain ia pun rela menyisihkan waktunya demi membangun interaksi serta hubungan layaknya ayah dan anak pada umumnya. Karena itulah, semenjak anaknya berumur 5 tahun, Timothy memotret dan mengumpulkan foto Elijah agar anaknya itu paham akan kelebihan yang dipunyainya. Hasilnya? Menggembirakan! Karya kolborasi ayah dan anak ini bahkan sudah dibuat jadi buku.

4. Menghentak Lewat Kolaborasi Musik yang Apik

Soundsations-BarasuaraJKT1

Dari banyak kolaborasi yang pernah dilakukan musisi dan band di Indonesia, salah satu yang paling keren ditunjukkan dua band indie asal Jakarta yaitu Barasuara dan Efek Rumah Kaca. Kamu tentu masih ingat dengan kolaborasi seru mereka dulu, kan? Perpaduan musik antara dua band ini bisa bikin kamu nggak akan bosan mendengarnya berulang-ulang. Tapi ternyata setelah adanya kolaborasi hebat tersebut, band Barasuara kembali menampilkan lagu hasil kolaborasi di tur Soundsations x Barasuara yang dilakasanakan sepanjang bulan Maret hingga April kemarin. Tur ini telah dilaksanakan di 18 kota di Indonesia. Salah satu kota yang menyelenggarakan tur ini tentunya adalah Jakarta, tepatnya di Gandaria City. 

Selain Barasuara, Soundsations kali ini turut diwarnai oleh banyak musisi Indonesia lainnya dengan ciri khas tersendiri, beberapa diantaranya adalah emerging artist Four Twenty dan Danilla yang bersuara unik.

Soundsations-BarasuaraJKT7

Four Twenty, dengan gayanya yang nyentrik, benar-benar dapat membawa suasana jadi lebih bersemangat lagi karena dari mulai mereka pentas hingga akhir, perhatian penonton selalu terpusat pada mereka, bahkan mereka juga turut menyanyi bersama. Way to go, guys!

Soundsations-BarasuaraJKT9

Penonton juga semakin terpukau ketika Danilla mulai pentas dipanggung. Alunan suaranya yang deep membuat orang-orang berdatangan dan mendekat ke panggung.

Soundsations-BarasuaraJKT19

Finally, Barasuara pun tampil dan membawakan lagu hasil kolaborasi yang khusus ditampilkan pada Soundsation. Suasana pun menjadi semakin meriah ketika lagu “Tarintih” mulai dinyanyikan. Setelah itu, lagu hits mereka “Bahas Bahasa” hingga “Api dan Lentera” dibawakan dengan semangat membara, membuat penonton bersorak gembira dan turut bernyanyi bersama. Sungguh luar biasa!

 

Semangat anak-anak bangsa yang tampil di Soundsations ini tentunya sangat mampu dijadikan panutan bagi seluruh generasi millenials di Indonesia! Mereka semua menunjukan bahwa kolaborasi patut dilakukan untuk membuat suatu karya jauh lebih menarik, serta dengan adanya kerja sama apapun akan menjadi lebih maksimal. Jadi, bagi kamu yang ingin membuat suatu penampilan dan karya hebat, cobalah berkolaborasi dengan sesama yang memiliki passion, work ethic, dan keinginan yang sama, siapa tahu kelak kamu bisa menjadi inspirasi bagi bangsa dan generasi berikutnya. Go Ahead, and try it!

Shares 2K
Previous 10 Potret 'Momen Tak Terduga' Ini Bikin Kamu Sulit Percaya Kalau Ini Beneran Nyata
Next Aneh dan Bikin Ngeri, tapi Kamu Harus Tahu 7 Penyakit Paling Langka Ini

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!