7 Hal Antimainstream Ini Cuma Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan ke Filipina!

 

Beberapa tahun belakangan ini Filipina mencoba untuk membangkitkan gairah pariwisata dalam negeri. Jangan salah, Filipina itu layak banget buat dijadiin tempatmu berlibur selanjutnya! Negara bekas jajahan Spanyol ini menyimpan ragam budaya yang sangat unik, terutama karena adanya perpaduan budaya asli dengan budaya Spanyol yang berlangsung selama tiga ratus tahun. Bukan dari segi bangunannya saja yang menarik, tapi makanan khasnya juga wajib dieksplor.

Jika kamu ingin berlibur ke Filipina, pastikan mengunjungi 7 tempat anti-mainstream yang telah kami siapkan sebagai panduan wisatamu.

1. Icip Icip Kuliner Khas Filipina di San Antonio Village

 

filipino-food-tapsilog-_san_antonio_village

 

Nah, setelah tiba di Manila, ada baiknya kamu nyoba makan ala penduduk setempat. Salah satu tempat yang akan terkenal dengan jajanan khasnya ada di San Antonio Village yang terletak di Makati City, Manila. Meskipun terkenal sebagai kota metropolitan, ada satu sudut menarik yang bisa kamu kunjungi untuk mencoba makanannya seperti Charaptor jika ingin makan barbecue, Pat Pat’s Kansi untuk nyoba Ilango bulalo yang gurih, Wingman bagi pecinta sayap ayam yang dicelup saus bleu cheese, tapsilog di Turo Turo Cafe, dan masih banyak lagi. Harganya juga nggak selangit. Misal nih, kamu bisa makan tapsilog mulai dari P56 atau cuma Rp 15.000 aja. Puas, kenyang, dan enak!

2. Nonton Firedance Di Pantai Boracay

Boracay-4

 

Boracay adalah salah satu pulau yang telah dikembangkan menjadi tujuan wisata seru dan penuh aktivitas menyenangkan yang tidak jauh dari pantai, laut dan kultur Filipina yang belum banyak diketahui orang. Pantai berpasir putih yang mengitari setiap sudut pulau indah ini dan lautnya yang sangat tenang, menjadikan aktivitas bersantai di tepi laut sambil menunggu sunset indah kegiatan wajib. Kehidupan bawah air pun cukup beragam sehingga penggemar snorkeling maupun diving akan sangat puas. Selain menikmati suasana pantai yang ciamik, pada malam harinya kamu bisa menonton atraksi fire dance. Atraksi ini cukup menarik karena memadukan unsur atraksi yang membuat penonton tegang karena permainan bola-bola api yang seru di padukan dengan tarian-tarian dan live musik.

 

3. Berkunjung ke Tinuy An Falls

Tinuy-an.Falls.original.6616

Mau ke Air Terjun Niagara? Nggak perlu jauh jauh, di Filipina juga ada kok! Tinuy An baru baru ini mendapat sorotan dari wisatawan lokal dan mancanegara berkat dua pemandangan menakjubkan yang bisa kamu lihat seperti Enchanted River of Hinatuan. Lokasi ini menarik dikunjungi karena konon katanya terdapat penjaga sungai yang menjaga gerbang dunia ini dengan dunia lain. Hii, seram! Selain itu terdapat juga Tinuy An Falls, miniatur Niagara yang merupakan air terjun terlebar di seluruh Filipina.

4. Menelusuri Subteranian River di Palawan

underground-river-palawan-2

 

Kalo kamu doyan sama wisata petualangan, kamu harus berkunjung ke Palawan, kepulauan paling selatan dari Filipina. Pulau utama Palawan dikitari ratusan pulau kecil dengan terumbu karang yang telah direvitalisasi oleh pemerintah Filipina sejak tahun 80-an. Sekarang ekosistem bawah laut di Palawan telah hidup kembali dan menjadi tempat tujuan para pecinta diving. Selain kehidupan bawah laut yang indah, terdapat banyak pulau kecil terpencil di mana kamu dapat berlibur jauh dari keramaian.

Kalau kamu mau petualangan yang lebih ekstrem, bisa coba menelusuri Subterranean River (sungai bawah tanah) yang terdapat di Puero Princessa, Palawan. Dalam sungai bawah tanah ini kamu dapat melihat keindahan stalagmit dan stalagtit maupun air terjun dalam gua yang hanya dapat diakses dengan kano.

5. Bermalam Di Chocolate Hills, Bohol

Chocolate-Hills-Best-Time-To-Visit

 

Chocolate Hills yang ada di Provinsi Bohol ini sedang naik daun sebagai destinasi wisata di Filipina. Chocolate Hills adalah julukan untuk 1.260 bukit kapur yang berbentuk kerucut, dengan tinggi sekitar 120 meter. Setiap bukit ditutupi oleh rerumputan dan pada musim hujan, bukit-bukit ini akan terlihat seperti gundukan-gundukan hijau nan asri. Tapi ketika datang pada musim kemarau, bukit-bukit ini akan berubah warna menjadi cokelat karena mengeringnya rerumputan pada bukit-bukit tersebut. Suasana di musim kemarau inilah yang jadi cikal bakal penamaan Chocolate Hills. Jika kamu ingin melihat sebuah pemandangan yang masih jarang dilihat oleh banyak orang, ini merupakan tempat yang wajib disinggahi. Kawasan ini telah tersedia penginapan, restoran, dan fasilitas untuk para turis guna menikmati bukit-bukit cokelat ini.

6. Underwater Grotto, Bohol

Underground_Grotto

 

Masih di Bohol, nih, kalo ke sini wajib banget ikut diving. Yap, lokasi yang dikenal sebagai tujuan utama para divers ini memiliki pemandangan unik yang sayang banget untuk dilewatkan, yakni Patung Bunda Maria dan Sto. Nino yang berada di bawah laut! Patung setinggi 14 meter dan 30 meter ini awal mulanya dibuat untuk mengingatkan para nelayan yang menangkap ikan di sana untuk tidak memakai dinamit yang bisa merusak ekosistem bawah laut. Kedua patung ini resmi ditanam pada 28 Oktober 2010.

 

7. Napak Tilas Sejarah di Pila, Laguna

Pila-Laguna

 

Jika kamu termasuk penggila sejarah dan bangunan vintage, satu kota menarik wajib dikunjungi adalah Pila yang dinobatkan sebagai National Historical Landmark oleh NHCP, salah satu lembaga sejarah Filipina. Artefak yang bisa kamu temukan tidak hanya sisa-sisa peninggalan bangsa Spanyol, tapi juga dari zaman dinasti Tang di China! Yang membuatnya menarik adalah tata letak kotanya yang menempatkan Gereja St. Anthony of Padua Parish di tengah, lalu dikelilingi oleh rumah-rumah tua, lapangan kota dan plaza, memberi nuansa khas Eropa di masa silam.

Nah, ternyata ada banyak banget lokasi di Filipina yang patut ditelusuri lebih lanjut. Nggak banyak lho, negara yang punya perpaduan banyak budaya kayak Filipina, jadi pasti nggak nyesel berkunjung ke sini. Buat petualang yang suka antimainstream, segera siapin itinerary-mu selanjutnya ke sini!


Komentar:

Komentar