Berapa Lama Waktu Pencelupan Oreo ke Dalam Susu yang Paling Optimal?

Kamu bisa menemukan jawabannya di sini

Diputer, dijilat, dicelupin. Kamu pasti hafal brand apa yang menggunakan kata-kata ini pada iklan mereka. Yup, Oreo! Biskuit warna hitam dengan isian krim vanila ini ternyata nggak hanya populer di Indonesia, tapi hampir di seluruh dunia. Mungkin karena memang rasanya yang enak kali ya.

Oreo identik dengan susu karena di iklan sering kali ditampilkan cara makan Oreo yang dicelupkan ke dalam susu. Tapi berapa lama waktu yang optimal supaya susu dapat terserap secara sempurna?

via bitrebels.com

Kalau malas baca panjang-panjang, jawaban singkatnya adalah celupkan selama 3 detik, lalu nikmati. Udah, gitu doang. Seriusan.

- Advertisement -

Mau jawaban yang lebih panjang dan ilmiah? Oke.

Sebelumnya, kita tentukan dulu standar Oreo setelah pencelupan yang diinginkan ya, jadi kita harus sepakat dulu kalau Oreo yang diinginkan adalah yang lembek tapi masih berbentuk. Kalau ingin yang lebih keras kurangi aja waktunya, dan kalau ingin yang lembek dan tidak berbentuk, tambahkan saja waktunya. Udah setuju semua? Oke, lanjut.

via bitrebels.com

Seperti yang dirangkum dari Mentalfloss, pada tahun 1990, seorang profesor fisika dari University of Bristol, Len Fisher, menemukan rumus yang dapat memprediksi berapa lama waktu yang tepat untuk mencelupkan biskuit. Semua ini berkat daya kapilaritas.

Len Fisher via lenfisherscience.com

Molekul air itu bersifat adhesive, atau menempel pada permukaan padat, contohnya bisa kamu lihat pada saat kamu minum menggunakan sedotan. Ketika air memasuki sedotan, mereka dapat menempel di permukaan dan mengabaikan gaya gravitasi. Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa kuas cat seakan-akan menyerap cat. Itulah yang disebut dengan kapilaritas.

via fismath.com

Sebenarnya kalau dilihat pada skala mikro, biskuit itu adalah kumpulan tepung kecil yang berbentuk tabung. Dengan kata lain, daya kapilaritas ini yang membantu susu hingga dapat merasuk ke dalam biskuit. Hal ini juga dijelaskan Fisher pada bukunya yang berjudul How to Dunk a Doughnut. Pada awal abad ke-20, ilmuwan asal Amerika, E.W. Washburn, menelurkan rumus yang menjelaskan mengenai perjalanan cairan, dalam kasus ini susu.

via Lucy Quintanilla

Washburn mencoba dan memastikan rumus ini dengan meneliti noda tinta yang menyebar di permukaan kertas. Nah, butuh beberapa tahun hingga akhirnya seseorang seperti Fisher mengaplikasikan rumus ini pada makanan yang dipanggang, seperti roti, kue, atau biskuit. Dalam penelitiannya, dia mengungkapkan bahwa waktu yang pas untuk mencelupkan biskuit ke dalam susu adalah sekitar 3,5 – 5 detik.

Namun, karena Fisher belum pernah melakukan uji coba tersebut pada Oreo, tiga anggota Splash Lab dari Utah State University melakukannya pada Oreo. FYI, Splash Lab adalah kelompok akademik yang terkenal akan penelitiannya pada hal-hal yang unfaedah seperti dinamika cairan pada cipratan air kencing atau menganalisa bagaimana lemparan batu pada air yang sempurna (skipping stone).

via rgs.usu.edu

Para peneliti tersebut menggunakan Oreo, Chips Ahoy, Nutter Butter, dan Graham Crackers untuk dicelupkan ke dalam susu selama setengah detik hingga 7 detik. Setelah dicelupkan, mereka menimbang berat pada biskuit-biskuit tersebut untuk menghitung seberapa banyak susu yang telah diserap.

Hasilnya, Oreo menyerap 50% hanya dalam waktu satu detik dan 80% dalam waktu dua detik. Sedangkan untuk biskuit, rata-rata mereka hanya bisa menyerap susu sampai detik keempat, karena tidak ada lagi yang dapat diserap. Hal ini menunjukkan bahwa mencelupkan biskuit lama-lama tidak akan menambah jumlah susu yang diserap. Di bawah ini kamu dapat melihat grafik dari penjelasan di atas.

via Splash Lab

Splash Lab kemudian melakukan tes kedua, mereka mencelupkan semua biskuit selama 6 detik dan menggantungnya. Mereka menunggu biskuit tersebut sampai hancur sepenuhnya. Dan ternyata, Oreo dapat bertahan hingga 5 menit! Rekor paling singkat dipegang oleh Graham Crackers yang hanya mampu bertahan 8 detik.

Jadi kesimpulannya, 3 detik adalah waktu yang tepat untuk mencelupkan Oreo ke dalam susu.

Tapi, apakah semua jenis susu sama? Ah, itu lebih panjang lagi pembahasannya, mending diakhiri dulu sampai di sini aja ya. Kalian pasti juga udah males kan kalau baca lebih panjang lagi?

Shares 15
Previous Beli Sepatu Online Tapi Kekecilan? 5 Trik Ini Bikin Sepatu Baru Gak Kesempitan Lagi
Next "Eta Terangkanlah" Dari Mana Sih? Kok Bisa Kocak Banget? Cari Tahu Disini Nih!