Wah Kerennya! Ini Nih 8 Hal Yang Bikin Kalian Bangga Tinggal Di Indonesia!


Indonesia adalah negara yang luar biasa. Negara kita kaya akan banyak hal dari sisi budaya dan sumber daya alam dan kita juga juga punya banyak pulau, gunung, pantai, dan juga memiliki ratusan suku dan ratusan bahasa yang berbeda satu sama lainnya. Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita bangga dong. Hal ini belum tentu bisa kita temuin di negara-negara lain. Agar kalian lebih bangga dengan negara ini, kalian harus tau tentang 8 hal yang bikin kalian bangga tinggal di Indonesia yaitu…

1. Letak negara di jalur khatulistiwa

img_8752

via indahnuria.com

Banyak negara yang jauh dari jalur khatulistiwa memiliki empat musim: musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim salju yang tentu sangat mempengaruhi hidup mereka. Negara kita itu berada di khatulistiwa, jadi intinya negara kita ada di bagian tengah bumi yang mengakibatkan suhu yang hangat dan waktu siang dan malam yang seimbang (harus bersyukur karena ini karena sangat berpengaruh ketika bulan puasa). Hal ini menyebabkan negara kita beriklim tropis dan menjadi kaya akan tumbuhan yang selalu ada setiap tahunnya.

Mungkin buat yang belum pernah ke luar negeri, pasti penasaran sama yang namanya musim salju. Tapi tau nggak, ternyata bagi orang yang tiggal di musim tersebut atau bagi orang yang udah lama tinggal di luar, mereka juga nggak setiap hari menikmati salju dan bahkan nggak sedikit juga yang sebel sama yang namanya salju, belum lagi tebelnya baju yang bisa sampai tujuh lapis kalau dinginnya kebangetan. Nggak pernah kita ngalamin hal itu kalau di Indonesia yang cuma punya dua musim, kan?

2. Memiliki banyak gunung

7-gunung-berapi-tertinggi-di-indonesia

Kapanlagi.com

Udah paling bener kalau gunung menjadi kelebihan dari negara kita, karena selain jumlah gunungnya banyak, indah dan menjadi daya tarik tersenditi, gunung banyak berjasa akan kesuburan tanah Indonesia. Kenapa? Meskipun status aktif suatu gunung itu dianggap menyeramkan, kita harus berterima kasih pada letusan gunung karena hal itu membuat tanah di negara kita subur karena memperkaya kandungan mineral yang baik bagi pertumbuhan tanaman.

3. Pantai paling indah di dunia

gili-trawangan

via instagram.com

Selain gunung, negara kita juga terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Kita bisa jadi punya banyak pilihan deh kalau lagi liburan heheh… Di pantai kita bisa melakukan banyak aktifitas seperti menyelam, mancing dan surfing. Di negara lain banyak, tapi nggak sebanyak dan seindah di Indonesia tentunya. Makanya, yuk kita lestarikan dan rawat pantai-pantai ini! Jangan sampai buang sampah sembarangan dan membuat pantai kotor ya!

4. Penghasil kopi terbaik di dunia

kopi2

via bello.id

Hati-hati boy kalau mau ngeremehin kopi Indonesia. Indonesia adalah negara penghasil kopi arabica terbaik di dunia. Kopi kita sampai di ekspor ke negara luar lho, dengan harga yang lebih mahal tentunya. Saking enaknya kopi di Indonesia, kita nggak perlu proses yang lama ketika pembuatannya, jadi nggak selama biji kopi yang berasala dari negara lain.

5. Mempunyai salah satu dari 7 keajaiban dunia

candi-borobudur-dibangun-berdasarkan-ilmu-astronomi via pinterest.com

Kurang hebat gimana lagi sih Indonesia ini? Selain alamnya yang indah kita juga punya salah satu dari 7 keajaiban dunia, lho. Candi Borobudur menjadi destinasi paling dikagumi banyak orang dan sudah menjadi bagian dari world heritage UNESCO. Coba kalian bayangin gimana caranya bangunan-bangunan itu bisa nempel dan kuat banget sampai lebih dari seribu tahun, pada zamannya tentu bisa dianggap sangat canggih, kan?

6. Bhineka Tunggal Ika sebagai moto negara Indonesia

bhineka-tunggal-ika

via nahdliyyah.org

Meskipun negara kita punya banyak banget pulau, suku, bahasa, dan budaya tapi masyarakatnya punya ikatan erat yang dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika. Secara singkat arti literal moto tersebut adalah “persatuan dalam perbedaan” Tidak semua negara memiliki semboyan seperti di kita, kan? Adanya semboyan ini berarti kita harus menghargai berbedaan.

7. Gotong royong

koramil-jati-dan-warga-gotong-royong-perbaiki-tanggul-sungai-wulan

via facebook.com

Bhineka Tunggal Ika membuat masyarakat Indonesia peduli banget sama lingkungan dan warga sekitarnya, terbukti dengan adanya gotong royong yang selalu dilakukan oleh setiap warga-nya. Hal ini dapat terlihat ketika kerja bakti, hari kemerdekaan, kesiapan suatu komplek perumahan ketika seseorang meninggal, dan lain-lain.

8. Tingkat toleransi yang tinggi

toleransi_1

via querta.com

Kamu tahu? Ternyata meskipun banyak negara Islam yang jauh lebih tua dari Indonesia, banyak orang yang justru ingin belajar tentang agama di Indonesia. Kenapa? Karena kita masih bisa hidup berdampingan menghargai satu sama lainnya meskipun adanya banyak perbedaan, khususnya ragam budaya dan agama yang ada di Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Budha, Konghucu sampai Hindu.

Itulah 8 hal yang bikin kalian betah tinggal di Indonesia. Masih banyak hal lagi yang mungkin bisa kalian temui, tergantung dari mana kalian tinggal juga sih hehehe… Semoga kalian jadi bisa lebih bangga kepada negara ini, karena biar bagaimanapun negara ini masih sangat membutuhkan pemuda dan pemudi untuk menjaga kelestarian dan kebersamaan yang sudah dimiliki Indonesia. Yuk, teruslah hargai sesama manusia meskipun berbeda-beda dan cintailah Indonesia! Menurut kalian apalagi nih yang bikin Indonesia itu keren?

- Advertisement -
Shares 19
Previous Pantes Aja Orang-orang pada Betah di Jakarta. Jadi Gara-gara Ini toh?
Next Duh, Percakapan Salah Sambung di BBM Ini Ngawur Banget. Udah Tau Ngaco Ngapain Ditanggepin?