Ketika Para Fotografer Professional Bergabung Menentang Perdagangan Satwa Liar, Begini Lah Hasilnya

Stop eksploitasi dan perdagangan satwa liar!

Kekuatan visual dari sebuah foto memang gak bisa diremehkan, apalagi kalau foto-fotonya menyangkut hal-hal yang kejam atau menyedihkan, seperti perdagangan dan kekejaman terhadap satwa liar. Baru-baru ini, para fotografer peraih penghargaan internasional bergabung dalam satu proyek bernama Photographers Against Wildlife Crime. Melalui kekuatan foto mereka, para fotografer berharap bisa mengakhiri perdagangan satwa liar di berbagai belahan dunia.

Kebanyakan orang gak menyadari kalau perdagangan hewan adalah salah satu tindak kriminal paling top di dunia, sejajar dengan narkoba, penyalahgunaan senjata api, dan pedagangan manusia. Dengan adanya proyek foto tersebut, diharapkan masyarakat sadar dan tergugah hatinya untuk ikut berperan dalam memberantas perdagangan satwa liar.

Kabarnya, foto-foto yang terkumpul akan dijadikan sebuah buku yang bakal dirilis bulan Mei tahun depan. Di artikel ini kamu bakal liat 15 foto dari proyek tersebut beserta cerita dibaliknya. Daripada penasaran, yuk langsung aja kita liat foto-fotonya yang dilansir dari Boredpanda.


1. Wildlife Warrior

via boredpanda.com

Salah satu anggota anti perburuan liar sedang berjaga di kawasan konservasi di Zimbabwe sambil mengais anaknya. Kamu bisa liat tulisan Wildlife Warrior di pakaiannya kan? Nah, percaya atau enggak, semua Wildlife Warrior di kawasan tersebut adalah perempuan.

2. Loxodonta

via boredpanda.com

Foto yang diambil di Abu Camp, Bostwana ini menggambarkan keakraban seekor gajah Afrika bernama Loxodonta dengan saisnya. Sais gajah itu merawat Loxodonta yang yatim piatu dari kecil hingga dewasa, dan mereka berdua sudah memiliki ikatan batin yang kuat. Setelah dewasa, Loxodonta kemudian dilepas ke alam liar sebagai bagian dari penelitian hewan rehabilitasi di alam liar.

3. Anak Badak

via boredpanda.com

Seorang relawan Care for Wild Africa menenangkan seekor anak badak yang menjalani perawatan setelah diserang oleh sekelompok hyena. Anak badak itu menjadi yatim piatu setelah induknya dibunuh oleh para pemburu. Dia jauh lebih beruntung dari anak badak lainnya yang turut jadi incaran pemburu setelah induknya dibunuh.

4. Serigala Fennec

via boredpanda.com

Serigala Fennec ditangkap untuk dijual sebagai hewan peliharaan ilegal. Serigala yang baru berumur tiga bulan ini dijual di sebuah pasar di bagian selatan Tunisia.

5. Terperangkap

via boredpanda.com

Seekor hiu perontok terjaring di laut Cortez, Meksiko. Diperkirakan sepuluh juta hiu mati setiap tahun akibat jaring nelayan, dan diburu untuk diambil siripnya.

6. Sirip Hiu

via boredpanda.com

Praktek ini merupakan salah satu yang terkejam. Soalnya, setelah dipotong siripnya biasanya hiu bakal dilepas lagi ke lautan dan dibiarkan mati begitu saja.

Sirip-sirip ini kemudian akan dijadikan sup, atau masakan laut lainnya.

7. Beruang Kutub

via boredpanda.com

Foto ini gak cuma berbicara tentang global warming yang mengancam kehidupan beruang kutub, tapi juga tentang perburuan liar. Setiap tahun ratusan kulit beruang kutub dikirim melalui kapal-kapal secara legal mau pun ilegal ke luar Kanada sebagian besar dikirim ke pasar di Tiongkok. Baru-baru ini pengadilan di Quebec, Kanada membuktikan sebuah perusahaan lokal bersalah atas ekspor ilegal tiga kulit beruang kutub ke Tiongkok.

8. Jipe

via boredpanda.com

Seorang konservasionis Tony Fitzjohn bersama Jipe, singa yatim piatu yang dia rawat dari kecil hingga dewasa selama tiga tahun. Setelah dikembalikan ke alam liar, Jipe berhasil melahirkan dua anak singa di Tsavo, Kenya. Malangnya, Jipe kemudian dibunuh oleh pemburu gak lama setelah foto ini diambil.

9. Gading Gajah

via boredpanda.com

Pada tanggal 30 April, 2016, terjadi pembakaran gading gajah terbesar di Kenya. Polisi hutan memusnahkan setidaknya 105 ton gading untuk mencegah penjualan gading oleh pemburu liar.

10. Hukuman

via boredpanda.com

Seekor gajah di Taman Nasional Chitwan, Nepal, duduk dengan kaki terantai. Gajah 50 tahun ini sengaja ditahan karena sudah membunuh 5 orang pawang selama hidupnya.

11. Trenggiling

via boredpanda.com

Sekitar 4000 trenggiling yang disembunyikan di dalam kontainer kapal berhasil disita oleh petugas pelabuhan di Sumatera. Sisik trenggiling dikenal sebagai bahan obat tradisional Tiongkok, sedangkan dagingnya bisa dijadikan masakan yang lezat.

12. Di Acara Sirkus

via boredpanda.com

Di Chimelong International Circus, Tiongkok, orang utan ini beraksi seenggaknya 3 kali sehari bersama seorang badut. Meskipun orang utan merupakan hewan yang terancam punah, masih banyak orang yang memperjual belikan bayi orang utan untuk peliharaan dan kebutuhan industri hiburan seperti di atas.

13. Lemur

via boredpanda.com

Lemur ekor cincin yang hampir punah terekam kamera di kebun binatang Whenzou, di Zeijiang, Tiongkok. Menurut para ahli, jumlah spesies ini di alam liar diperkirakan tinggal 2000 ekor saja. Duh gak semestinya hewan kayak gini ada di kebun binatang.

14. Bayi Gorila

via boredpanda.com

Bayi gorila ini dijual di sebuah pasar daging di negara Kamerun. Seorang fotografer berhasil menukar bayi gorila itu dengan cincin yang gak seberapa harganya untuk dibawa ke suaka alam. Beberapa bulan kemudian gorila itu meninggal.

15. Kaki Badak

via boredpanda.com

Tiga kaki badak, dua dewasa (jantan dan betina), dan satu anak. Barang ilegal tersebut adalah salah satu dari jutaan item yang berhasil disita The U.S. Fish and Wildlife Service dan disimpan di sebuah gudang di Colorado, Amerika Serikat.

Nah, itu dia 15 foto yang menunjukkan eksploitasi serta perdagangan satwa liar karya fotografer profesional yang tergabung dalam Photographers Against Wildlife Crime. Apa kesan kamu terhadap foto-foto di atas, guys? Tentunya pasti kamu terenyuh dan semakin aware akan hal-hal buruk yang terjadi pada satwa-satwa yang semestinya kita lindungi ini, kan? Jangan lupa share ke temen-temen kamu, ya.



Shares 138
Previous Unik Banget, 9 Topi dengan Kata-kata Menggelitik Ini Bikin Kamu Baper!
Next Pizza Lover Wajib Tahu 12 Fakta Unik Soal Pizza Ini Biar Khatam Soal Dunia Per-Pizza-an