Unik! Ini Dia Versi Tertua dari 16 Benda yang Biasa Kamu Jumpai Sehari-hari


 

Dalam keseharian, kita selalu menggunakan berbagai macam benda untuk menunjang aktivitas. Contohnya seperti kaus kaki, sepatu, meja, atau kursi. Di zaman modern ini sepertinya gak terbayangkan bagaimana hidup kita bila benda-benda itu gak ada. Yup, meskipun benda-benda itu cenderung terlihat “lebih sederhana” bila dibandingkan dengan penemuan terkini macam smartphone, tapi perannya terbilang penting dalam keseharian kita.

Mengingat fungsi pentingnya, apa kamu pernah merasa penasaran seperti apa rupa berbagai benda tersebut ketika pertama kali ditemukan? Nah, kalau kamu penasaran, kamu bisa liat versi tertua dari 16 benda yang biasa kamu jumpai atau pakai dalam keseharian. Seperti dilansir dari Boredomtherapy, yuk kita liat apa saja bendanya.


1. Kaus Kaki

via boredomtherapy.com

Kaus kaki tertua ini dibuat di Mesir sekitar tahun 300-499 masehi. Terbuat dari benang wol, kaus kaki tersebut didesain agar sesuai dengan sendal. Tapi fakta yang paling menarik dari kaus kaki ini adalah rajutannya. Dirajut menggunakan satu benang dengan teknik nailbindning, kaus kaki Mesir ini sempat populer pada zamannya. 

2. Kacamata

via boredomtherapy.com

Kacamata tertua di dunia ditemukan di pulau Baffin, diciptakan oleh suku Inuit di Kanada. Benda ini berguna untuk mengurangi silau cahaya matahari yang memantul dari salju. Kacamata tersebut dibuat dari gading walrus sekitar tahun 1200-1600 masehi.

3. Patung Manusia

via boredomtherapy.com

Patung manusia tertua yang bernama Venus of Hohle, ditemukan di Jerman dan dibuat sekitar 35.000-40.000 tahun yang lalu. Patung ini berarti sudah ada 32.000 tahun sebelum piramida Mesir dibangun. Wow!

4. Alat Musik

via boredomtherapy.com

Alat musik tertua berjenis seruling ini berumur sekitar 40.000 tahun. Seruling tersebut dibuat dari tulang burung pemakan bangkai dan ditemukan di Goa Hohle Fels, Jerman selatan. Para ilmuwan percaya benda tersebut menggambarkan adanya tradisi bermusik ketika Eropa pertama kali dihuni oleh manusia modern.

5. Toilet

via boredomtherapy.com

Toilet siram tertua memang gak punya tombol siram kayak toilet modern sekarang, guys. Tapi, di bawah toilet tersebut terdapat aliran air yang membawa kotoran menuju sungai-sungai terdekat. Toilet tertua ini terletak di kota kuno Ephesus, Turki, dan dibuat sekitar 2000 tahun yang lalu.

6. Bra

via boredomtherapy.com

Bra tertua ditemukan di kastil Austria dan digunakan antara tahun 1390 sampai 1495. Benda ini dibuat dari benang wol dan kain renda, dan mungkin dirajut oleh wanita yang menggunakannya.

7. Kaki Palsu

via boredomtherapy.com

Kaki palsu tertua berumur sekitar 3000 tahun. Benda tersebut digunakan di Mesir dan penelitian telah mengungkap bahwa kaki palsu tersebut dibuat bukan sebagai karya seni, melainkan untuk membantu berjalan. Kaki palsu tersebut ditemukan di makam seorang bangsawan Mesir kuno.

8. Alat Kontrasepsi

via boredomtherapy.com

Percaya atau enggak, kondom tertua dibuat dari usus babi dan digunakan sekitar abad 15 di Tiongkok. Kondom tersebut dapat digunakan kembali, dan juga terdapat petunjuk yang mengatakan kondom harus dicuci dengan susu hangat untuk mencegah penyakit.

9. Permen Karet

via boredomtherapy.com

Permen karet tertua ditemukan di Finlandia. Permen tersebut diperkirakan berusia 5000 tahun dan dibuat dari kulit pohon birch. Para ahli mengatakan permen karet zaman dulu digunakan untuk mengobati infeksi mulut.

10. Koin

via boredomtherapy.com

Ditemukan di kota kuno Ephesus, Turki, koin tertua di dunia telah berusia 2700 tahun. Koin tersebut mempunyai ukiran singa di satu sisinya dan dibuat dari bahan electrum.

11. Bola Dunia

via boredomtherapy.com

Globe tertua yang ditemukan di Italia dibuat dari telur burung unta dan diukir dengan sangat teliti oleh perajinnya. Sayangnya, pada tahun 2012 benda tersebut terlanjur dijual oleh pemiliknya di pameran peta di London sebelum para ahli melakukan verifikasi asal usul globe tersebut.

12. Resep

via boredomtherapy.com

Kamu tau kalau resep tertua di dunia ternyata berumur 5000 tahun? Yup, resep yang ditulis di tanah liat tersebut sudah ada sejak 3000 tahun sebelum masehi, dan merupakan tuntunan untuk meracik bir Sumeria.

13. Sepatu

via boredomtherapy.com

Sepatu tertua di dunia dibuat dari kulit sapi, ditemukan di salah satu gua di Armenia, dan berumur sekitar 5500 tahun. Sepatu kuno tersebut ditemukan di dalam kotoran kambing, sehingga secara tidak sengaja terawetkan dan mungkin saja masih bisa digunakan.

14. Celana

via boredomtherapy.com

Celana tertua ditemukan di Tiongkok dan diperkirakan berumur 3300 tahun. Dulu celana tersebut dipakai oleh penunggang kuda nomaden yang menjelajahi dataran China. Celana dibuat dari 3 lembar kain wol tanpa menggunakan gunting, melainkan alat tenun.

15. Tas

via boredomtherapy.com

Tas tertua di dunia yang ditemukan hampir rusak terkikis oleh waktu. Bagian tas yang berhasil selamat hanyalah penutup atasnya. Uniknya, penutup tas tertua memiliki dekorasi berupa 100 lebih gigi anjing. Benda tersebut ditemukan di kuburan yang berumur 2.500-2.200 sebelum masehi di dekat kota Leipzig, Jerman.

16. Rekaman Melodi

via boredomtherapy.com

Rekaman melodi tertua ditulis sekitar 3.400 tahun yang lalu di Ugarit (sekarang Suriah Utara). Lagu tersebut dimaksudkan untuk dimainkan dengan kecapi, dan disusun oleh orang Huri kuno. Judul dari melodi tertua yaitu “Hymn to Nikal” atau Nyanyian Pujian untuk Nikal.

Nah itu dia 16 benda sehari-hari tertua yang berhasil selamat sampai sekarang. Menurut kamu benda mana yang paling menarik? Jangan lupa kasih tau temen-temen kamu, ya.



Shares 170
Previous 10 Kreasi Topi Unik Ini Bikin Dahi Berkerut Saking Nyentriknya
Next 14 Foto Ini Gak Jelas Konteksnya Sekaligus Absurd, tapi Bisa Bikin Kamu Terhibur