Buat Para Pecinta Bola Basket, Jangan Lewatkan 10 Fakta dan Kisah Menarik Ini

Apa saja fakta dan kisah tentang basket? Baca aja dulu

Kepopuleran bola basket di Amerika Serikat hampir setara dengan American Football atau baseball dan jauh di atas sepak bola. Permainan yang diciptakan pada tahun 1891 oleh Dr. James Naismith ini terbentuk secara tidak sengaja karena dia sebenarnya ingin membuat permainan untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Berawal dari ide Dr. Naismith inilah permainan bola basket lahir dan menjadi populer sampai seperti sekarang.

Nah, sepanjang perjalanan bola basket mulai dari tahun 1891 sampai dengan saat ini, pastinya banyak fakta dan kisah menarik mengenai olahraga satu ini. Apa saja itu? Coba lihat di bawah ini.

1. Klausul unik di kontrak Michael Jordan

via youtube.com/watch?v=y_bG26J08Qk

Michael Jordan mempunyai klausul “love of the game”, dimana klausul itu membuat dia bebas bermain basket melawan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

2. Awal mula Tim Duncan bermain bola basket

via vergecampus.com

Ada cerita lucu mengenai awal mula kenapa Tim Duncan bermain basket. Pada awalnya, Duncan yang saat itu tinggal di US Virgin Islands sedang bersiap-siap untuk mengikuti Olimpiade 1992 sebagai perenang. Akan tetapi, Badai Hugo yang menghancurkan satu-satunya kolam renang berstandar olimpiade di pulau itu membuat dia hanya bisa berlatih di lautan. Karena ketakutannya terhadap hiu, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi pebasket saja.

3. Jangan terlalu tamak

via historylocker.com

Pelajaran berharga dapat dipetik dari pebasket profesional bernama Latrell Sprewell. Dia terpaksa mengakhiri karir sebagai pebasket setelah dia menolak kontrak sebesar USD 21 juta (sekitar Rp 280 miliar) selama 3 tahun dari Timberwolves. Dia beralasan uang dengan jumlah segitu tidak akan cukup menafkahi keluarganya. Karena tidak mendapatkan tawaran lain, dia pun memutuskan untuk pensiun.

4. Alasan Stephon Marbury membuat sepatu basket murah

via usatoday.com

Stephon Marbury merancang sepatu basket dan menjualnya hanya dengan harga USD 15 (sekitar Rp 200 ribu) saja, bandingkan dengan sepatu basket high-end yang harganya bisa sampai USD 150 (sekitar Rp 2 juta). Alasan Marbury melakukan itu karena dia tahu bahwa sebagian besar orang tua tidak memiliki uang sebesar USD 150 (sekitar Rp 2 juta) untuk membelikan anaknya sepatu basket. Wah, mulia banget ya.

5. Kejadian tragis tim basket University of Evansville Men

via archive.courierpress.com

Pada tahun 1977, pesawat yang ditumpangi tim basket dari University of Evansville Men mengalami kecelakaan yang menewaskan hampir semua personilnya. Ada satu pemain yang tidak ikut karena sedang sakit. Beruntung? Sepertinya tidak, karena dua minggu kemudian dia tewas karena kecelakaan mobil.

Masih ada 5 fakta lagi di halaman selanjutnya.

- Advertisement -
Shares 12
PreviousPage 1 of 2
Klik 'Next' untuk ke halaman selanjutnya
Previous Gini Jadinya kalau Tukang Cukur Mengabulkan Permintaan Aneh Pelanggan, 10 Potret Ini Jadi Contohnya
Next Hangout Kamu Bareng Temen Se-geng Belum Afdol Kalau Belum Ngelakuin 5 Kegiatan Ini