Ternyata 5 Film Horor Ini Diangkat Dari Kisah Nyata yang Gak Kalah Serem Dari Filmnya, Lho!

Ternyata kisah nyata yang jadi inspirasi film horor bisa lebih "horor" dari filmnya.

Film horor pada umumnya dibuat berdasarkan karangan penulis alias fiksi. Tapi, terkadang, ada juga film horor yang dibuat berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi di dunia. Nah, peristiwa nyata yang jadi inspirasi film horor bisa bikin penggemarnya penasaran buat cari tau, apalagi kalau filmnya booming dan punya rating yang bagus. Hal kayak gini bisa menimbulkan pertanyaan semacam “apa bener ada kejadian seseram itu (kayak di film)?”, atau “masa sih ada orang sekejam karakter ini?”

Kalau kamu termasuk orang yang penasaran tadi, coba deh simak daftar berikut siapa tau salah satunya adalah film horor favorit kamu. Langsung aja deh, dilansir dari mentalfloss.com, ini dia 5 film horor beserta kisah nyata yang jadi inspirasi pembuatannya:

1. A Nightmare on Elm Street (1984)

via youtube.com

Penggemar film horor pasti kenal karakter bernama Freddy Krueger dari film A Nightmare on Elm Street, kan? Freddy Krueger adalah makhluk menyeramkan yang menyerang dan membunuh korbannya melalui mimpi. Sampai sini kamu jangan dulu berpikiran kalau Freddy benar-benar nyata, soalnya kalau iya orang-orang di dunia banyak yang gak bakal tidur, dijamin deh, hehe.


Walaupun Freddy adalah tokoh fiktif, peristiwa meninggal secara misterius ketika tertidur benar-benar pernah terjadi, seenggaknya itulah yang dikatakan penulis sekaligus sutradara film Wes Craven. Craven mendapatkan 3 berita kematian misterius dari surat kabar Los Angeles Times sekitar tahun 1980-an. Peristiwa tersebut terjadi di Asia Tenggara dan korbannya kebanyakan pria muda pengungsi dari Vietnam, Laos, dan Kamboja. Kabarnya, para korban bersikeras menolak untuk tidur, sebab mereka takut mimpi buruk mereka bakal menyebabkan kematian yang mengerikan, dan ini benar-benar terjadi.

Craven mendapatkan kisah nyata tentang seorang anak dokter berusia 21 tahun dari Kamboja yang gak mau tidur meski sudah dipaksa keluarganya. Anak itu bilang mimpi buruknya berbeda tidak seperti mimpi buruknya dulu, terasa sangat nyata, menakutkan, dan dianggap bisa membunuhnya. Meskipun sudah diberi obat tidur oleh keluarganya, pria itu masih aja melek sampai 6 hari berturut-turut. Tapi suatu hari dia akhirnya kelelahan dan kemudian tertidur saat sedang menonton tv di sofa. Orang tuanya bersyukur dan merasa lega, sang ayah kemudian menggendongnya menuju kamarnya.

Pada tengah malam keluarga tersebut terbangun oleh suara teriakan dan suara tabrakan yang berasal dari kamar pria muda tadi. Mereka bergegas dan ketika sampai di kamar pria itu sudah meninggal. Setelah dilakukan otopsi, tidak ditemukan tanda-tanda serangan jantung atau semacamnya, penyebab kematiannya tidak dapat dideteksi oleh dokter. Di lemari korban ditemukan coffee maker berisi kopi panas untuk membuat dia tetap terjaga, juga terdapat obat tidur yang ternyata selama itu tidak diminum oleh korban.

Cerita tersebut begitu menarik perhatian Craven dan menjadi inspirasi film A Nightmare on Elm Street.

2. Child’s Play (1988)

via thehorrorsyndicate.com

Apa bener ada boneka yang bisa membunuh orang? Kalau bonekanya kayak Chucky dari film Child’s Play, sih, kayaknya bisa banget. Tapi untungnya, Chucky cuma tokoh fiktif aja. Tapi di sisi lain, film ini terinspirasi dari kisah nyata tentang boneka terkutuk yang bernama Robert the Doll.

Awalnya boneka tersebut cuma boneka kanak-kanak biasa milik seorang pelukis bernama Robert Eugene Otto. Tapi pada tahun 1909 Otto menyatakan kalau salah satu pembantunya memasang guna-guna pada mainan masa kecilnya itu. Kejadian aneh pun mulai terjadi pada boneka tersebut, seperti bisa berpindah sendiri dari satu ruangan ke ruangan lain, menjatuhkan barang-barang di rumah, bahkan terkadang mengajak Otto berbincang.

Karena hal-hal aneh tersebut, Otto meninggalkan bonekanya di loteng. Pada tahun 1974, Otto meninggal dan rumahnya berganti kepemilikan. Nah, keluarga baru yang menempati rumah tersebut juga mengatakan sering mengalami fenomena mistis yang berkaitan dengan Robert the Doll ketika tinggal di rumah itu. Bahkan semua orang yang pernah menjadi pemilik Robert mengeluh dan sepakat kalau Robert memang “terkutuk”.

Sekarang, Robert the Doll dipajang di Custom House dan Old Post Office di Key West, Florida, Amerkia Serikat.

3. Psycho (1960) 

via youtube.com

Film jadul yang satu ini menceritakan tentang seorang sekretaris yang kabur setelah mencuri uang sebesar 40.000 dollar, akhirnya singgah di sebuah motel yang dikelola oleh dua orang psikopat.

Karakter Norman Bates sebagai seorang psikopat di film Psycho sebagian terinspirasi dari kisah pembunuh berantai bernama Ed Gein yang melancarkan aksinya sekitar tahun 1950-an. Selain menjadi pembunuh wanita, Ed Gein juga “gemar” menggali kuburan dan mengambil mayat orang-orang yang gak dikenalnya, membuat cinderamata dan pernak-pernik dari kulit manusia seperti topeng, sabuk, dan alas kursi… Ngeri, ya…

Penulis novel Psycho Robert Bloch mendasarkan Bates atas Ed Gein, tapi mengganti karakternya yang tadinya penggali kubur dan pembunuh, menjadi pembunuh berantai yang berdandan seperti ibunya. Karakter pembunuh di film Texas Chainsaw Massacre (1974) dan Silence of the Lambs (1991)yaitu Leatherface dan Buffalo juga dibuat berdasarkan persona Ed Gein. Wah, Tuan Ed Gein ini menginspirasi banyak film ternyata, ya.

4. The Girl Next Door (2007)

via freneticarts.com

Singkatnya, film ini berkisah tentang seorang bibi yang menyiksa keponakannya di basement rumah, sedangkan seorang anak laki-laki yang menyaksikan kejadian itu gagal melaporkannya ke pihak berwenang.

Dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Jack Ketchum, A Girl Next Door terinspirasi dari pembunuhan seorang gadis bernama Sylvia Likens di Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1965. Pada waktu itu, Sylvia dan saudara perempuannya Jenny dititipkan ke seorang tetangga yang bernama Gertrude Baniszewski oleh kedua orang tuanya. Orang tua Sylvia pergi ke luar kota karena urusan pekerjaan. Gak disangka, nyonya Baniszewski dan beberapa anaknya kemudian mengunci Sylvia di basement. Gak cuma itu, di sana Sylvia juga disiksa dengan berbagai macam cara selama berhari-hari sampai akhirnya meninggal akibat pendarahan dan kekurangan asupan gizi.

Pesan dari kisah nyata di atas: jangan nitipin anak ke sembarang orang, apalagi yang belum begitu dikenal.

5. The Conjuring (2013)

via youtube.com

Kamu bukan penggemar film horor sejati kalau belum nonton The Conjuring. Selain seru dan mendebarkan, film yang satu ini ternyata diangkat dari kisah nyata juga.

The Conjuring menceritakan kehidupan nyata pasangan suami istri pemburu hantu, Ed dan Lorraine Warren, dan pengalaman mereka ketika membantu keluarga Perrons yang diganggu makhluk halus di rumah baru mereka di Rhode Island pada tahun 1971.

Ketika diwawancarai Entertainment Weekly pada 2013 James Wan berkata bahwa setelah film Insidious (2010) dirilis dan sukses, tidak lama dia kemudian mendengar kisah nyata tentang keluarga Warrens dan petualangan paranormal mereka. Kisah tersebut langsung menarik perhatian James Wan. “Tetapi saya tidak hanya ingin mengarang cerita hantu atau membuat film supernatural biasa. Satu hal yang belum pernah saya eksplorasi yaitu kesempatan menceritakan sesuatu berdasarkan kisah nyata orang lain. Hal itu lah yang bikin saya tertarik untuk membuat film The Conjuring” kata James Wan.

Keluarga Warren juga memiliki boneka Raggedy Ann yang jadi inspirasi film spin-off yang berjudul Annabelle (2014). Boneka tersebut diduga dirasuki oleh roh iblis dan terkutuk seperti yang terjadi pada boneka Robert the Doll di daftar sebelumnya. Boneka Raggedy Ann sekarang dipajang dan dikunci di musium gaib milik keluarga Warren di Monroe, Connecticut, Amerika Serikat.

Nah itu dia 5 film yang diangkat dari kisah nyata. Cerita yang jadi inspirasi film-film di atas ternyata gak kalah nyeremin dari film aslinya. Kalau favorit saya sih kisahnya Ed Gein, kalau kamu ya mana? Jangan lupa share ke temen-temen kamu yang penggemar film seram ya, guys.



Shares 284
Previous Ngakak! Gini Nih Cara Samsung Nyindir Produk iPhone Lewat Iklan Terbarunya
Next Fotografer Ini Mencoba Memotret Pemandangan dari Atas Awan, Hasilnya Kece Abis!