6 Film Jepang yang Absurdnya Kebangetan, tapi Layak buat Kamu Tonton


Jika kita membicarakan “film konyol dan absurd”, kita bisa membaginya jadi dua jenis. Pertama adalah film yang dicanangkan untuk jadi film serius, tapi karena satu dan sebab lainnya, malah terlihat konyol. Kedua, film yang sedari awalnya emang udah diniatkan mengandung banyak hal konyol di dalamnya.

Dan kalau kamu termasuk orang yang hobi nonton film, kamu pasti tau nggak ada sineas lain di dunia ini yang paling ahli dalam membuat film absurd nan konyol selain sineas dari negeri sakura.

Contohnya bisa diliat dari 6 film asal Jepang yang membawa berbagai jenis kegilaan ke level selanjutnya.

- Advertisement -

1. The Happiness of the Katakuris

960
via filmdoo.com

Film ini bukan satu-satunya film musikal yang pernah dibuat Takashi Miike (ada Ai no Makoto misalnya). Tapi seperti kebanyakan film buatan Miike yang nyeleneh, kurang tepat kayaknya jika menyebut The Happiness of Katakuris sebagai film drama murni. Yup, Miike mencapuradukkan berbagai unsur ke dalam film keluaran tahun 2002 ini; dari mulai horor sampai komedi. Saya sendiri bingung film ini punya genre apa.

Ceritanya sendiri berkisar pada keluarga Katakuri yang membuka penginapan di daerah pinggiran Jepang. Tapi naas, penginapan mereka sepi pengunjung. Sekalinya penginapan Katakuri kedatangan penginap, ujung-ujungnya mereka selalu tewas di kamar yang ditempati. Kesialan tersebut memaksa keluarga Katakuri mengubur mayat para penginap di tengah hutan, biar penginapan mereka nggak dipandang jelek katanya.

Tapi kesialan seolah belum berhenti menerpa. Gunung Fuji yang terletak di dekat penginapan meletus. Dan alih-alih tamu penginap baru, mereka malah kedatangan buronan dan zombie.

2. Survive Style +5

asano-og-kyllingpappatilnett
via tuxdiary.com

Kata-kata aja nggak akan cukup menggambarkan keabsurdan film ini, karena banyak banget hal aneh yang bisa kamu temui di dalamnya. Ada seorang istri yang nggak bisa mati walau udah dibunuh berkali-kali oleh suaminya. Alih-alih tetap berada di dalam kuburan, si istri malah mendahului si suami pulang ke rumah dan menyerangnya dengan teknik kung fu.

Ada juga karyawan kantoran yang dihipnotis jadi burung. Tapi sebelum hipnotisnya bisa dihilangkan, si ahli hipnotisnya udah keburu dibunuh. Alhasil si karyawan terus menerus ngira dirinya seekor burung dan mencoba untuk terbang.

Secara keseluruhan, Survive Style +5 punya lima cerita di dalamnya. Sekali pandang mungkin kamu bakal ngira semua cerita itu nggak ada hubungannya satu sama lain, tapi pada akhirnya kamu bakal nemuin koneksi di antara kelima cerita tersebut.

3. Tokyo Gore Police

tokyogorepolice2d
via horrorpedia.com

Jangan ngira kamu bakal nemuin cerita detektif atau polisi pada umumnya di film ini. Kalau mau diringkas, Tokyo Gore Police menyajikan keabsurdan dan kekonyolan tingkat tinggi yang ada dalam alam pikiran ke layar kaca dengan efek visual yang terkesan… murahan. Tapi justru kesan murahan itulah yang membuat film ini lucu abis.

4. Robo Geisha

im-a-robot
via daveandthiscriticisms.wordpress.com

Jika Tokyo Gore Police menceritakan para manusia yang punya tubuh penuh senjata aneh serta polisi sadis sebagai karakter utama, di Robo Geisha kamu bakal nemuin (apalagi kalau bukan) para geisha sebagai tokoh sentralnya.

“Geisha yang cantik-cantik itu?”

Penjabaran seperti itu kurang lengkap. Geisha dalam film ini adalah geisha yang punya persenjataan nan konyol (setuju kan gergaji bundar yang keluar dari mulut itu konyol?) dan bisa berubah jadi kendaraan.

Tokyo Gore Police dan Robo Geisha disarankan buat kamu yang tahan ngeliat adegan gore dan lagi nyari hiburan lucu dari film.

5. Big Man Japan

big-man-japan2
via zero-credibility.com

Pernah nonton Ultraman atau Godzilla? Kalau pernah, kamu bakal sedikit ngerti konsep kasar dari film ini. Sesuai judulnya, Big Man Japan mengisahkan seorang pahlawan super yang tubuhnya bisa membesar demi mengalahkan musuh-musuhnya sekaligus menjaga kedamaian di negeri matahari terbit.

Tapi yang membedakannya dari Ultraman, sosok superhero di sini bisa membuat tubuhnya jadi raksasa dengan memanfaatkan arus listrik. Selain itu, doi juga cuma memakai celana dalam saat beraksi.

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan dalam film ini adalah monster-monsternya. Karena mereka itu… aduh, desainnya ancur abis. Mending kamu tonton sendiri deh biar tau gimana “lucunya” mereka.

6. House

byczek-house-15
via screeningnotes.com

Meskipun termasuk film jadul (dirilis tahun 1977), tapi film horor ini masih layak kamu nikmati kok sekarang. Filmnya sendiri berkisah tentang seorang gadis yang mengunjungi rumah tantenya bareng teman-temannya.

Plotnya terdengar klise, ya? Kamu pasti udah bisa duga mereka bakal nemuin fenomena menyeramkan begitu sampai di destinasi mereka.

Yup, dugaan itu emang bener. Tapi film ini enggak akan dapet status cult tanpa kekonyolan (sekaligus inovasi) yang dipunyainya. Untuk menggambarkan betapa nyelenehnya House, saat itu nggak ada satu pun sutradara yang mau menggarap film ini setelah membaca naskahnya yang absurd abis. Nggak ada satu pun, kecuali Nobuhiko Obayashi.

Mau tahu seberapa absurdnya adegan-adegan dalam House? Apa piano pembunuh, kucing yang matanya menyala, dan darah berwarna-warni udah cukup buat mewakilinya?

Udah siapkah kamu buat tertawa terbahak-bahak nonton 6 film ini?

- Advertisement -
Shares 91
Previous Buat Kamu yang Masih Suka Mengeluh, Nggak Malu Sama Gadis Berkaki Satu Ini?
Next Saat Orang Dewasa Menumpahkan Imajinasi Liar Mereka di Buku Mewarnai Anak, Hasilnya Kreatif Abis!

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!