5 Film yang Bisa Menghibur saat Kamu Lagi Nggak Semangat Menjalani Hidup

Masih ada sisa semangat kan buat tekan tombol play?

Pada zaman dahulu, duuluuuu sekali, Aristoteles sang filsuf besar pernah berkata kepada murid-muridnya yang lagi kebingungan dalam menjalani hidup. Sembari mengelus janggutnya dengan perlahan, ia berkata, “Jadi, engkau sedang kehilangan motivasi dalam menjalani kehidupan ini, wahai muridku. Hmm… solusinya mudah: tonton aja film-film yang bisa bikin kamu ngakak ini.”

Apakah Aristoteles pernah berkata seperti itu? Nggak, lah. Nggak mungkin dia ngomong kayak gitu. Tapi, meskipun kutipan di atas itu cuma rekaan belaka, kutipan itu punya sisi benarnya juga, lho.

Yup, menonton film bisa membantu mengembalikan motivasi dan semangat ketika kehidupan kamu lagi terasa sulit. Dan saya yakin bukan saya sendiri yang punya pendapat kayak gitu.


Jadi, kalau nanti kamu lagi nggak semangat menjalani hidup, entah itu karena ditolak, gagal menjalankan rencana, stres, atau apa pun bentuk kesialan yang kamu dapatkan, mending kamu tontonĀ  5 film yang ada di daftar ini. Selain mengembalikan semangat, film-film ini juga dijamin bisa menghibur kamu, kok.

1. Ferries Bueller’s Day Off

via bustle.com

Ferries Bueller’s Day Off, film yang bakal mengajarkan kamu gimana caranya bolos sekolah dengan benar dan elegan.

Oke, itu cuma bercanda, kok…

Film ini memang mengisahkan tentang petualangan Ferries yang berpura-pura sakit demi bisa bolos sekolah. Tapi, kalau kita perhatikan baik-baik, kehidupan itu terkadang memang berat dan menjemukan, bukan? Melalui film ini, kita seolah diingatkan bahwa sesekali bermain dan bersenang-senang itu penting.

“Jangan terlalu serius, lah. Sesekali main ke luar sana, dan nikmati hidup kamu yang cuma sekali,” mungkin begitu pesan moral dari film ini.

2. 40 Year Old Virgin

via dodgersdigest.com

Di budaya Amerika sana, orang dewasa yang masih virgin itu seringkali dijadikan bahan olok-olok. Kalau dalam “tradisi” kita, mungkin itu bisa disamakan dengan status jomblo.

Nah, dalam film ini, Andy (Steve Carrell) menunjukkan bahwa kita nggak selalu harus memedulikan omongan orang lain. Andy saja akhirnya bisa tuh dapat pasangan yang cocok.

3. It’s Kind of a Funny Story

via youtube.com

Saya sendiri tahu film ini setelah mendengar video klip After Midnight dari Blink 182 terinspirasi darinya. Dan setelah saya tonton, ternyata film bergenre drama komedi ini seru juga.

Awal film ini memperlihatkan bocah remaja yang depresi sampai-sampai berniat untuk bunuh diri. Tapi, untungnya ia nggak jadi bunuh diri. Karena kalau sampai kejadian, filmnya bakal tamat dengan cepat, dong. Nggak seru.

Alih-alih kehilangan nyawanya, remaja tersebut akhirnya mencoba untuk mencari pertolongan ke rumah sakit. Dan di rumah sakit itulah ia bertemu dengan orang-orang yang punya masalah jauh lebih besar darinya.

Jadi, kalau kamu lagi punya masalah, ingat juga kalau kamu nggak sendirian di dunia ini. Sama kayak kamu, orang lain juga punya masalah mereka masing-masing.

4. Jumanji

via nerdist.com

Jumanji, film yang mengajarkan bahwa kita bisa menikahi cewek/cowok idaman kalau kita terisap ke dalam board game, lalu dikejar-kejar singa di dalam rumah sendiri.

Tapi, sebagai film favorit banyak orang, Jumanji tentu saja nggak sekadar berisi adegan dikejar-kejar hewan liar dan pemburu gila. Karakter-karakter dalam film ini begitu ngotot untuk menyelesaikan permainan yang mereka mulai, meskipun sebenarnya mereka ketakutan setengah mati. Dalam proses menyelesaikan permainanlah, akhirnya mereka bisa mengalahkan rasa takut yang ada dalam diri mereka.

Jangan pernah kabur dari masalah yang seharusnya kita selesaikan, begitu kira-kira pesan dari film ini.

5. Yes Man

via sandrarolus.com

Kalau kamu merasa jenuh sama kehidupan kamu yang gitu-gitu aja, coba pikir-pikir deh: apa karena selama ini kamu kurang mau mengambil kesempatan? Apa itu karena kamu terlalu sering menolak peluang untuk berkembang? Ya, mungkin itulah yang pengen disampaikan oleh Yes Man.

Meskipun begitu, seseorang juga harus berani berkata “tidak” jika dia nggak mau kerepotan kayak Jim Carrey di film ini.

Oh ya, Yes Man memang nggak selucu film-film Jim Carrey lainnya, semisal Liar Liar atau Bruce Almighty. Jadi, kalau misalnya kamu lagi pengen dibuat ngakak, saya sarankan kamu nonton kedua film yang disebut terakhir itu.

Bonus:

6. The Room

via youtube.com

Dihibur dengan menonton film yang kualitasnya jelek, kenapa nggak?

Yup, kecuali kalau kamu suka film cult dan yang berlabel “It’s so bad, it’s good“, mungkin kamu belum pernah dengar nama The Room. Film yang dirilis tahun 2003 ini memang jelek banget. Dan jeleknya itu dari segala segi pula. Saking parahnya, nggak sedikit orang yang menyebut The Room sebagai film terburuk sepanjang masa.

Lantas, kenapa saya merekomendasikan film ini? Biar kamu bisa benar-benar ngerti, kamu harus nonton filmnya sendiri. Kalau saya jelaskan di sini, saya bisa buat topik tentang The Room jadi satu artikel baru soalnya; terlalu panjang bahasannya.

Memang sih, nggak tertutup kemungkinan kamu sudah pernah nonton daftar film di atas. Tapi, coba kamu tonton sekali lagi, deh. 6 film di atas nggak akan bikin kamu bosan meskipun ditonton berulang-ulang. Terlebih lagi, yang paling penting film-film ini bisa balikkin lagi semangat kamu, bukan?



Shares 8
Previous Fotografer Ini Mencoba Memotret Pemandangan dari Atas Awan, Hasilnya Kece Abis!
Next Keren Tapi Nyeremin, Begini Penampakan 9 Makhluk Mitologi dari Berbagai Penjuru Dunia