12 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Lebih Mengerikan Dibanding Conjuring 2!

(Updated December 2016)

Bagi kamu yang suka dengan film horor pasti sudah nonton atau ingin menonton film The Conjuring 2. Yang sudah nonton pasti masih terngiang-ngiang sosok Valak yang serem banget itu, kan? Hehehe. Tapi tahu nggak kamu kalau ada filmfilm yang tidak kalah menyeramkan dari The Conjuring 2 dan bahkan konon ada yang mengatakan bahwa ini adalah 12 film horor terseram sepanjang masa. Yuk kita intip!

1. The Conjuring [2013]

via bloody-disgusting.com

via bloody-disgusting.com

Sebelum nonton film yang kedua pasti kamu sudah nonton film The Conjuring yang pertama ini kan? Seperti film yang kedua, kisah di film ini adalah cerita pertama tentang Lorraine dan Ed Warren yang membantu keluarga yang tersiksa dengan keberadan hantu di tempat tinggalnya. Cerita ini pun adalah berdasarkan kisah nyata. Yang membuat kisah ini lebih menyeramkan itu karena setting ceritanya yang lebih seram karena terpencil dan terisolasi seolah-olah tidak ada yang dapat membantu keluarga tersebut. Saking terisolasinya penonton jadi bisa berempati dengan keluarga tersebut dan turut merasakan rasa putus asa keluarganya ketika hantu di rumahnya meneror mereka.

2. The Blair Witch Project [1999]

via wrongsideoftheart.com

via wrongsideoftheart.com

Sebelum ada film franchise Paranormal Activity, film jenis horror found footage ini bener-bener ngehits saat keluar. The Blair Witch Project ini punya kampanye film yang unik karena sebelum rilis, tim di studio menggunakan internet dan menyebarkan clip dari film ini seperti kejadian sungguhan. Kebayang kagetnya para penonton yang menganggap kalau film ini sungguhan, kan?

3. Poltergeist [1982]

via impawards.com

via impawards.com

Kamu mungkin tahu nama Steven Spielberg dari film E.T. atau War Horse. Tapi tahu nggak kalau Steven Spielberg juga pernah memproduksi film horror yang berjudul Poltergeist? Film ini tahu saja cara menakuti penontonnya dengan menggunakan unsur anak kecil dan teknologi. Film ini menceritakan tentang keluarga Freelings yang diganggu oleh sosok arwah yang berkomunikasi lewat televisi mereka. Suatu hari anak bungsu mereka yang bernama Carol Ann menghilang. Putus asa, kedua orang tuanya mengundang exorcist untuk mengusir arwah jahat tersebut.

4. Carrie [1976]

via rogerebert.com

via rogerebert.com

Carrie versi original yang dirilis tahun 1976 ini banyak yang mengatakan lebih seram daripada remake-nya karena lebih mirip dengan bukunya. Film ini diadaptasi dari buku Stephen King dengan judul yang sama. Yang membuat film ini menyeramkan itu acting Sissy Spacek beserta produksi filmnya yang keren. Adegan prom di film original ini bisa dibilang jauh lebih mengenaskan dibandingkan remake-nya.

5. Pengabdi Setan [1982]

via alchetron.com

via alchetron.com

Ternyata film Pengabdi Setan sudah terkenal di mancanegara, lho! Film asli tanah air ini menjadi salah satu film terseram yang pernah dibuat di Indonesia. Dengan tampilan make up dan acting yang keren, film ini bisa dikatakan revolusioner untuk film horror Indonesia pada jamannya.

6. El orfanato (The Orphanage) [2007]

via imdb.com

via imdb.com

Kalau sudah melibatkan hantu anak-anak dan masa lalu yang kelam, film The Orphanage ini selain seram bisa bikin penontonnya emosi. Horror di film ini dipadukan dengan cerita ibu dan anak yang mengharukan. Jadi selain merasa takut kamu bakal merasakan berbagai macam emosi saat menonton film ini.

7. The Sixth Sense [1999]

via flixster.com

via flixster.com

Kalau kamu penggemar film horror, “I see dead people” (“aku bisa melihat orang mati”) sudah menjadi kutipan yang sudah tidak asing lagi. Saat rilis, film yang disutradarai M. Night Shyamalan ini bener-bener hits banget. Selain elemen horror, kamu bakal ngerasa kasihan banget sama karakter anak kecil utamanya.

8. The Exorcist [1973]

via independentfilmnewsandmedia.com

via independentfilmnewsandmedia.com

Film ini adalah film horror pertama yang mendapatkan nominasi Oscar, lho! Kamu tahu nggak kalau trailer film ini banyak yang dipotong karena banyak adegan yang terlalu menyeramkan? Ya! Bener banget. Bahkan ada rumor bahwa ada kebakaran misterius di set film ini namun kamar yang disorot untuk adegan kerasukan setan sama sekali tidak tersentuh. Hiii bikin merinding ya.

9. Ju-on (Ju-on: The Curse)  [2000]

via imdb.com

via imdb.com

Cerita film ini adalah tentang sebuah kutukan yang diakibatkan kejadian naas yang menimpa suatu keluarga. Film ini bisa bikin orang ngerasa putus asa. Kenapa? Bisa tonton saja nanti. Tapi kalau ketakutan jangan salahin ya hehehe

10. The Shining [1980]

via thefilmstage.com

via thefilmstage.com

Kadang bukan hantu yang justru bikin suatu film horror menyeramkan. Film The Shining ini menceritakan tentang apa yang terjadi pada satu keluarga kecil yang mengurus hotel besar di tempat terpencil di tengah musim salju yang ekstrim. Kita bisa saksikan sang ayah yang lambat laun menjadi semakin menggila bahkan sadis yang kerap meneror istri dan anaknya sendiri. Faktor psikologi di film ini justru yang membuatnya menyeramkan.

11. IT [1990]

via blankmaninc.com

via blankmaninc.com

Banyak yang bilang kalau gara-gara film ini mereka jadi takut sama badut. Film ini menceritakan tentang badut yang meneror dan bahkan membunuh anak kecil yang dia culik. Jangan nonton film ini sendirian deh!

12. Ringu (The Ring) [1998]

via shenanitims.files.wordpress.com

via shenanitims.files.wordpress.com

Sosok Sadako ini seramnya sudah mendunia. Dengan rambut hitam panjang yang meutupi wajah dan kulitnya yang pucat sekali, Sadako dari Ringu ini telah menjadi salah satu ikon film horror masa kini. Saking tenarnya, film ini diadaptasi ke bahasa Inggris menjadi The Ring. Tapi memang film yang aslinya sangat menyeramkan. Lihat poster di atas aja udah bikin merinding hiiii.

Kalau kamu suka film horror, pasti beberapa film ini sudah kamu kenali, kan? Jump scare itu udah garing dan terlalu banyak digunakan di film-film horror lainnya dan malah bikin penonton tidak sensitif dengan apa itu arti seram. Biasanya yang bikin film horror itu menyeramkan itu terkadang memang bukan hantunya tapi faktor yang tidak diduganya dan khususnya akting para aktor yang bikin kita berempati sama mereka, serta alur cerita yang relatable. Menurut kamu apa sih yang bikin film horror itu menakutkan?

 

via giphy.com

via giphy.com