12 Momen Paling Sulit Dilupakan dari Salah Satu Manga/Anime Terbaik Sepanjang Masa: Dragon Ball Z


Jika kamu mendapat pertanyaan apa aja hal menyenangkan yang pernah kamu lakukan saat kecil dulu, jawabannya pasti bakal banyak banget. Tapi dari jawaban-jawaban tersebut, mungkin menonton anime/membaca komik Dragon Ball terselip di antaranya. Yup, bukan tanpa alasan karya masterpiece Akira Toriyama ini mampu menghipnotis banyak anak di seluruh dunia, termasuk kamu yang dulunya rajin nonton kartun di hari Minggu pagi. Iya, kan? Walaupun umur udah beranjak dewasa, tapi kamu pasti belum lupa sama manga/anime yang satu ini.

Sebagai bahan perbandingan aja, lebih gampang mengingat mana, adegan yang ada di Dragon Ball atau Kobo-chan? Dragon Ball atau Ninja Hattori? Hehehe.

- Advertisement -

Selain pertarungan yang dahsyat serta jurus-jurus ikonik yang bisa menghancurkan gunung sekalipun, tentu ada momen-momen tertentu yang membuat Dragon Ball begitu memorable. Dan walaupun daftar ini cenderung pendapat pribadi, yuk kita kenang sejenak momen-momen terbaik dari Dragon Ball Z.

Oh ya, Dragon Ball GT sengaja nggak diikutkan karena bukan canon. GT nggak dibuat oleh Akira Toriyama.

1. Goku Bertemu Bulma untuk Pertama Kali

goku i bulma
via tiempodragonballzkai.blogspot.com

Oke, pertemuan pertama Son Goku dengan Bulma emang nggak terjadi di Dragon Ball ZDB Z dimulai saat Goku udah menikah dan Gohan lahir. Tapi pertemuan kedua orang ini krusial banget. Coba bayangin kalau Goku nggak pernah ketemu Bulma. Mungkin dia nggak akan pernah tau apa itu bola naga dan fungsinya. Goku bahkan nggak akan pernah diajak turun gunung (tempat tinggal Goku itu di gunung lho, masih inget nggak?).

Jadi saat Cell atau Buu muncul dan berusaha memorak-porandakan bumi, mungkin Goku lagi asyik mancing tanpa menyadari apa yang terjadi pada dunia.

2. Kematian Krillin dan Munculnya Legenda Bangsa Saiya

anigif_enhanced-19489-1430411842-15
via buzzfeed.com

Sebagai sahabat terbaik Goku, wajar aja jika kematian Krillin membuat emosi Goku nggak terkontrol. Krillin sendiri pernah mati tiga kali. Pertama saat dibunuh anak buah Piccolo. Kedua kalinya saat tubuhnya diledakkan Frieza. Dan yang terakhir saat Buu mengubahnya jadi kue.

Tapi kematiannya di tangan Frieza yang membuat kemarahan Goku mencapai puncaknya. Sampai-sampai kemarahan tersebut berujung pada transformasi Goku menjadi Super Saiya. Ironis memang, di satu sisi pembaca/penonton merasa kehilangan Krillin, tapi di sisi lain kematiannya merupakan alasan terbesar mengapa Goku bisa mendapatkan kekuatan yang dahsyat.

3. Goku Berdiri di Atas Kepala Nappa

98a8c2b9ef9adfc4a528b5b0a77998e3–dbz-gt-goku-vs
via pinterest.com

Di kala teman-temannya sibuk menghadapi Nappa dan Bezita, Goku datang terlambat karena mesti berlatih bersama dewa Kaio. Sayangnya, saat ia tiba banyak teman seperjuangannya yang telah dibunuh oleh Nappa.

Tapi sebelum Goku menghajar Nappa dan membalaskan dendam kawan-kawannya, kita disuguhkan pemandangan yang cukup janggal bila dilihat. Yup, Goku berdiri di atas kepala plontosnya Nappa.

Saat pertama kali saya melihat adegan itu belasan tahun yang lalu, saya sampai bertanya-tanya dalam hati, “Kenapa harus berdiri di atas kepala orang?” Hingga sekarang saya sulit mengenyahkan memori tentang adegan yang satu ini. Takut aja gitu tanpa sadar saya tiba-tiba berdiri di atas kepala orang lain, lalu dengan belagunya bilang “Kau lambat, Nappa.”

4. Pertarungan Pertama Goku vs Bezita

yx7Y5C2
via reddit.com

Apalagi yang harus dikatakan soal pertarungan antara dua rival abadi ini? Hmm, mungkin “fakta” tentang gimana kewalahannya Goku menghadapi Bezita, ya. Sampai-sampai Yajirobe harus turun tangan memotong ekor Bezita yang lagi berubah jadi kera raksasa.

 

5. Saat Tubuh Frieza Terbelah Dua oleh Jurusnya Sendiri

bye_bye_frieza
via jlawrencekenny.wordpress.com

Mungkin karena saking terobsesinya ia mengalahkan Goku, ia sampai lupa sama jurus pisau yang ia sendiri keluarkan. Dan meskipun tubuhnya udah tak berdaya, terbelah jadi dua, ia masih mencoba menipu Goku walaupun terlihat jelas ia udah nggak mungkin menang. Hal itu mungkin menandakan daya analisanya udah runtuh, dan mungkin juga kewarasannya. Akhir yang ironis untuk sosok psikopat sepertinya.

Dengan kalahnnya Frieza, berakhir sudah Frieza Saga yang bisa disebut saga terbaik dalam DB Z.

6. Datangnya Pemuda dari Masa Depan yang Menenteng Pedang…

maxresdefault
via youtube.com

… dan menggunakannya untuk mengalahkan Frieza sekaligus ayahnya semudah membalikkan telapak tangan. Dan siapa yang menyangka kalau pemuda misterius itu bernama Trunks, anak dari Bezita dan Bulma, yang datang pake mesin waktu.

Saat itulah saya tersadar, mesin waktu udah ditemukan sebelum abad 22 ternyata, hehehe.

7. Munculnya Manusia Terkuat Sedunia

maxresdefault (1)
via youtube.com

Kalau sampai lupa siapa orangnya keterlaluan, deh. Mister Satan namanya. Ia muncul sewaktu Cell mengadakan turnamen jiplakan Tenkaichi Budoukai. Tapi ia nggak dianggap sama Cell meskipun udah banyak gaya dan datang bareng reporter TV yang bertugas khusus buat nyorotin aksinya di atas panggung.

Hahaha, menurut saya ini episode paling kocak dari keseluruhan episode dalam Dragon Ball.

8. Saat Goku Memilih Gohan untuk Menggantikannya Melawan Cell

25848802daa3696d3_w
via simkl.com

Goku ternyata bukan tandingan Cell. Ia pun menyerah di tengah pertarungan dan memutuskan memilih petarung lain buat menggantikannya. Sayangnya, Mister Satan yang diharapkan oleh seluruh penduduk bumi untuk naik panggung sekali lagi setelah sebelumnya gugur “karena terpeleset keluar arena” mendadak sakit perut. Alhasil, Mister Satan dicoret dari calon lawan Cell berikutnya (walaupun ia pasti nggak akan kepilih).

Saat itu saya berharap Goku memilih Yamcha. Tapi, ternyata ia lebih memilih Gohan.

Pilihannya emang udah bisa diduga, sih. Tapi yang mengejutkan adalah reaksi Gohan itu sendiri dan reaksi Piccolo yang justru malah melindunginya. Ya, Dragon Ball bisa disebut punya character development atau perkembangan karakter yang bagus untuk ukuran komik. Raja iblis pun ternyata bisa berubah jadi sosok dengan kepribadian seorang ayah.

9. Super Saiya 2 Gohan

maxresdefault (2)
via youtube.com

Coba ingat-ingat gimana Gohan bisa mendapat wujud Super Saiya 2. Ia nggak mendapatkannya karena kematian orang terdekat, melainkan karena menyaksikan teman-temannya dibuat babak belur oleh Cell mini dan, terutama, karena Cell menginjak kepala Android 16 sampai hancur tepat di depan matanya.

Menarik melihat bagaimana robot yang nggak punya hubungan apa pun dengan Gohan bisa membuatnya mengamuk. Terlebih lagi Gohan menunjukkan sifat manusiawi sesaat setelah ia bertransformasi. Gohan nggak mau buru-buru menyelesaikan pertarungannya dengan Cell; ia pengen Cell menerima siksaan terlebih dahulu sebelum dihancurkan.

Yup, Gohan jadi sombong dan jemawa. Apakah itu bisa disebut manusiawi?

10. Bezita Meledakkan Diri

maxresdefault (3)
via youtube.com

Bezita nggak pernah menampakkan emosi di depan keluarganya sendiri. Jadi saat ia memeluk Trunks dan mencoba menyelamatkan planet yang dulu ingin dihancurkannya, itu terlihat sangat menyentuh.

Tapi sayang usahanya gagal. Buu masih hidup sekalipun Bezita harus merelakan nyawanya setelah ia meledakkan diri.

11. Saat Goku Mengatakan akan Melatih Uub

fSwCcGb
via neogaf.com

Karena di momen inilah kita harus berpisah (untuk sementara) dengan Goku dan kawan-kawan yang telah sukses menghibur kita selama bertahun-tahun.

12. Saat Menutup Volume Terakhir Manga Dragon Ball dan Berpikir Betapa Kasihannya Yamcha

Saya sendiri dulu lebih suka baca komiknya dan hampir nggak pernah nonton animenya.

Tapi ini beneran lho, banyak fans Dragon Ball yang menyebut Yamcha karakter nggak berguna. Bahkan manga Gintama beberapa kali menyindir dan menjadikannya bahan lelucon.

Sebenarnya masih banyak momen-momen berkesan dalam Dragon Ball Z yang nggak tertampung di sini. Kamu penggemar Dragon Ball, apa inget apa aja momen yang terlewatkan daftar ini? Atau mau berkomentar soal Yamcha? Silakan keluarkan opinimu.

- Advertisement -
Shares 71
Previous 10 Potret 'Momen Tak Terduga' Ini Bikin Kamu Sulit Percaya Kalau Ini Beneran Nyata
Next Aneh dan Bikin Ngeri, tapi Kamu Harus Tahu 7 Penyakit Paling Langka Ini

Suggested Posts

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!

Punya Sifat Pemalu? 5 Pekerjaan ‘Worth It’ Ini Cocok Buat Kamu!