Dijamin Deh! 5 Tokoh Inspirasional Ideafest 2017 ini Cocok Jadi Panutan Kamu Dalam Berkarya

5 figur yang menginspirasi banyak orang dalam bidang industri kreatif Indonesia

Apa sih Ideafest 2017? Kalau kamu belum tau, Ideafest 2017 adalah sebuah acara festival kreatif terbesar di Indonesia di mana kelompok-kelompok industri kreatif dari berbagai bidang berkumpul, berbagi pengalaman, dan menginspirasi masyarakat. Selain itu, di acara tersebut juga ada talkshow, bazaar, dan berbagai pertunjukkan seru lainnya, lho.

Nah, Ideafest 2017 baru aja selesai digelar, guys. Sebagai penutup gelaran festival kemarin, Ideafest 2017 berkolaborasi dengan Samsung Galaxy Note8 mempersembahkan Indonesia’s Influential Person in Creative Industry. Ideafest 2017 dan Samsung Galaxy Note8 memilih 14 tokoh inspirasional dan berpengaruh di Indonesia berdasarkan kategori.

Denny Galant (Samsung) – Melissa Siska Juminto (Tokopedia) – Ben Subiakto & Yori Sebastian (Ideafest 2017)

Mereka adalah William Tanuwijaya (Application and Game Development), Andra Matin (Architecture), Agam Riadi (Interior Design), Agra Satria (Visual Communication Design), Alvin Tjitrowirjo (Product Design), Chitra Subyakto (Fashion Design), Mira Lesmana (Film, Animation, Video), Anton Ismael (Photography), Maria Irene Susanto (Culinary Art), Yovie Widianto (Music), Dewi Lestari (Publishing), Maria Tri Sulistiyani/Ria Papermoon (Performing Art), Eko Nugroho (Visual Art), Wishnutama Kusubandio (Television and Radio).

Di antara 14 tokoh yang mendapatkan penghargaan tersebut, ada 5 orang yang bakal kita bahas nih, guys. Siapa aja sih 5 orang itu? Yuk langsung aja kita cari tahu!

1. Agra Satria

Via qubicle.id

Agra Satria adalah seorang perupa, ilustrator, dan desainer grafis berbakat yang dimiliki Indonesia. Agra terpilih sebagai salah satu figur inspirasional Ideafest 2017 karena karya-karya uniknya dalam bidang seni digital punya pengaruh terhadap industri kreatif Indonesia. Ia adalah desainer beberapa produk iklan luar negeri, sebagian besar berasal dari Italia. Agra juga pernah dipercaya menjadi desainer grafis pada pameran fashion Didi Budiarjo (fashion designer ternama Indonesia), dan ikut berkolaborasi di beberapa karya Didi yang lain.

Tahun lalu, Agra terpilih sebagai salah satu dari sembilan seniman yang tampil di London Design Bienale 2016 atas dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia.

2. William Tanuwijaya

Via anakteknik.com

Masih muda dan punya bakat dalam berbisnis. Ya, dia adalah CEO sekaligus pendiri ol-shop Tokopedia.com. William terpilih sebagai salah satu figur inspirasional Ideafest 2017 karena kreativitas dan inovasinya melahirkan terobosan baru di dunia start-up dan e-commerce Indonesia.

Saat ini Tokopedia menjadi situs jual-beli terbesar di Indonesia yang masih terus berkembang.

3. Eko Nugroho

via fimela.com

Eko Nugroho adalah salah satu seniman lukis Indonesia yang berhasil go internasional. Salah satu karyanya pernah dipilih sebagai desain scarf rumah mode ternama Louis Vuitton. Sekadar info aja, Louis Vuitton adalah perusahaan yang memproduksi pakaian dan aksesoris-aksesoris mewah asal Perancis. Saking mewah dan eksklusifnya, barang-barang Louis Vuitton banyak yang limited edition. Salah satunya scarf karya Eko yang hanya diproduksi 500 buah di seluruh dunia.

Prestasi Eko sebagai seniman sukses Indonesia ternyata gak sampai di situ aja. Baru-baru ini, Eko juga dipercaya oleh perusahaan air kemasan Aqua untuk mendesain dua gambar di produk Aqua yang bernama Aqua Reflection Still dan Aqua Reflection Sparkling. Wow!

Pencapaian Eko dan pengaruhnya di bidang industri patut diacungi jempol, nih. Makannya, gak heran kalau Eko jadi salah satu figur inspirasional industri kreatif di Ideafest 2017 kemarin.

4. Maria Irene Susanto

via beritaterhangat.info

Udah gak diragukan lagi, Maria Irene Susanto atau yang lebih dikenal sebagai Chef Marinka adalah salah satu koki wanita berbakat di Indonesia. Ia juga adalah salah satu juri acara Masterchef Indonesia di televisi. Sebagai seorang koki dan public figure, karya-karya chef Marinka tentunya jadi sorotan publik dan para penggemarnya.

Baru-baru ini, chef Marinka menunjukkan keahlian masaknya dengan memodifikasi 4 masakan tradisional Sunda yang disajikan menjadi lebih modern dan “kekinian”. Acara tersebut digelar di Hotel Aryaduta Bandung. Dan di Ideafest 2017 ini,  Chef Marinka terpilih sebagai figur inspirasional di kategori culinary art. 

5. Maria Tri Sulistiyani

via BBC.com

Maria Tri Sulistyani atau biasa juga dipanggil Ria Papermoon adalah seniman boneka asal Yogyakarta. Bersama suaminya, ia mendirikan teater boneka Papermoon Puppet yang menggelar pertunjukkan boneka untuk anak-anak dan orang dewasa. kebanyakan karya-karya Pappermoon Puppet mengangkat kisah-kisah yang Ria kumpulkan dari lingkungan sekitar dan percakapannya dengan orang lain. Saat ini, Ria dikenal sebagai salah satu seniman pertunjukkan kontemporer Indonesia yang berpengaruh dan menginspirasi banyak orang.

Salah satu dongeng Papermoon Puppet Theater yang populer berjudul Secangkir Kopi dari Playa. Dongeng ini mengangkat kisah nyata sepasang kekasih yang dipisahkan akibat revolusi tahun 1965. Uniknya, salah satu adegan dari dongeng ini dimasukkan ke dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 atas saran Nicholas Saputra yang waktu itu menonton pertunjukkan Papermoon Puppet Theater.

Papermoon Puppet Theater juga pernah diundang di festival pertunjukkan luar negeri seperti Amerika Serikat, Belanda, Jepang, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Australia.

 

Itu dia 5 di antara 14 tokoh inspirasional industri kreatif Indonesia yang dipilih Ideafest 2017 dan Samsung Galaxy Note8 kemarin. Oh iya, kolaborasi Ideafest 2017 dan Samsung Galaxy Note8 ini adalah wujud apresiasi terhadap 14 figur terus konsisten dalam berkarya demi mengembangkan industri kreatif yang sedang dijalaninya.

Diharapkan dengan adanya penganugrahan ini akan menambah semangat lebih tinggi bagi para pelaku industri kreatif lainnya untuk terus berkarya dan melahirkan inovasi-inovasi baru. Begitulah yang disampaikan oleh Ben Subiakto selaku Co-Chairman Ideafest 2017, kemarin.

Gimana guys? Apa kamu berminat untuk berkarya, berinovasi, dan mulai membangun industri kreatif kamu sendiri?

 

- Advertisement -
Shares 37
Previous 5 Hal Ini Nih yang Bikin Ideafest 2017 Kemarin Seru Banget! Kamu Hadir Enggak?
Next Ini Dia 7 Aplikasi Keren Smartphone yang Mungkin Kalian Belum Tau. Yuk, Optimalkan Smartphone Kalian!