5 Hal Ini Nih yang Bikin Ideafest 2017 Kemarin Seru Banget! Kamu Hadir Enggak?

Apa aja sih keseruan di acara Ideafest 2017? Yuk kita cari tau di sini!

Udah gak diragukan lagi, sejak 5 tahun lalu, Ideafest jadi ajang favorit orang-orang kreatif bertukar pengalaman dan berbagi ilmu tentang industri kreatif yang mereka jalani. Acara tahunan ini mengajak masyarakat untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Nah, sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ideafest 2017 kali ini mengusung tema kolaborasi aktif #kolaborAKTIF dengan sederetan rangkaian acara seperti conference, Ideatalk, o2o Bazaar, Spice Up! Boot Camp, dan sesi kreatif lainnya.

Ideafest 2017 baru saja selesai digelar pada tanggal 5-6 Oktober lalu di Jakarta Convention Center. Menurut Co-Chairman acara Ben Subiakto, antusiasme dari para pembicara dan masyarakat sudah terasa, bahkan sejak persiapan acara. Sebab, konsep kolaborasi yang diusung bakal mempertemukan berbagai nama besar lintas bidang ilmu baik dari dalam maupun luar negeri.

Kamu yang dateng ke Ideafest 2017 pasti ngalamin berbagai keseruannya kan ya? Tapi buat yang gak sempet dateng, kamu bisa cari tau di sini apa aja sih yang bikin Ideafest 2017 menarik untuk dikunjungi? Yuk langsung aja kita cari tahu.

1. Banyak Tokoh Kreatif dan Orang Terkenal yang Jadi Pembicara

Sri Mulyani via qerja.com

Ideafest 2017 mengundang sejumlah artis dan tokoh-tokoh nge-hits yang bergerak di bidang industri kreatif untuk berbagi ilmu dan pengalaman di panggung Ideafest. Nama-nama yang diundang yaitu Andi F. Noya, Dimas Djayadiningrat, Ika Natassa, Andra Martin, Yovie Widianto, Deddy Corbuzier, Ashraf Sinclair, Christian Rijanto, Leonard Theosabrata, Kevin Kumala, Faye Simanjuntak, dan Raisa Adriana.

Tidak lupa diundang juga Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani yang turut berbagi panggung dengan nama-nama di atas.

2. Hadirnya Dua Tokoh Kreatif Internasional

Casey Neistat di Ideafest 2017 via photo.sindonews.com

Kamu yang suka liat video-video youtube pasti pernah denger dong Casey Neistat? Yup, dia adalah produser, developer, dan pembuat ratusan video youtube populer asal Amerika Serikat. Di acara ini Casey berbagi ilmu, pengalaman, dan kiat-kiatnya dalam berkarya di dunia maya.

Nama beken lain yang ikut mengisi acara Ideafest 2017 yaitu Tyler Brûlé. Editor-in-Chief dari majalah ternama Monocle ini adalah peraih penghargaan Editor of the Year yang berhasil mengolaborasikan media cetak, web retail, serta radio dan film media dalam karya-karyanya.

Wah kayaknya dapet ilmu secara langsung dari 2 tokoh kreatif tersebut bisa jadi pengalaman berharga buat yang dateng ke acara ini.

3. Online To Offline Bazaar

via dream.co.id

Ideafest kali ini juga berkolaborasi dengan Tokopedia, Samsung, Moka Post, dan Koffie & Foodie Market dalam menyediakan bazaar yang bertemakan Online to Offline. Bazaar unik ini memberi kesempatan kepada para penggiat industri kreatif yang menjual produknya secara online untuk dipasarkan langsung kepada masyarakat. Melalui bazaar ini, masyarakat diajak untuk merasakan sensasi berbelanja produk-produk yang selama ini dijual secara online.

Bazaar dibagi menjadi dua area, yaitu area Art & Craft  yang dikhususkan untuk produk-produk aksesoris, pakaian dan kerajinan tangan, serta area Food & Beverage yang menjual produk makanan dan minuman.

4. Penganugrahan 14 Tokoh yang Punya Pengaruh terhadap Perkembangan Industri Kreatif Indonesia

via dokumentasi Ideafest 2017

Di penghujung acara, Ideafest dan Samsung Galaxy 8 menyelenggarakan malam apresiasi dimana bakal ada 14 nama terpilih yang dianugerahkan sebagai figur yang berpengaruh terhadap industri kreatif Indonesia. 14 nama terpilih dibagi sesuai kategori dan bidang ilmu masing-masing, seperti bidang aplikasi dan pengembangan game, arsitektur, desain interior, DKV, desain produk,  fashion, film, fotografi, kuliner, musik, penerbitan, performing arts, seni rupa, TV dan radio.

Dengan adanya sesi acara ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada generasi muda kreatif Indonesia untuk terus berkarya, dan melakukan pencapaian yang lebih melalui kreatifitas mereka.

5. Booth Foto yang Kece Abis

Booth Diela Maharanie via idea.grid.id

Gak cuma acara seriusnya aja, lho, yang seru. Di Ideafest 2017 ini pengunjung juga bisa foto-foto cantik atau sekadar menikmati booth seni karya beberapa seniman muda Indonesia. Pameran booth seni ini terselenggara berkat kolaborasi antara Ideafest 2017 dengan Tokopedia.

Karya seniman muda yang biasa dinikmati di media sosial, kemudian beralih wahana dengan diadakannya event ini. Salah satu seniman yang ikut menyumbang karya yaitu ilustrator muda berbakat Diela Maharanie.

Booth Mrishka Soekarna via idea.grid.id

Booth lainnya yang gak kalah menarik yaitu karya Marishka Soekarna. Marishka mendukung event kolaborasi Indiefest dengan Tokopedia ini. Sebab, menurutnya kolaborasi antar industri kreatif bisa berpengaruh terhadap proses kreasi, khususnya dalam peyediaan bahan-bahan karya.

Booth Lala Bohang via idea.grid.id

Instalasi karya Lala Bohang juga gak kalah jadi buruan pengunjung buat selfie atau wefie, lho! Gimana? Keren gak?

Booth Komikazer via idea.grid.id

Komikazer juga ikut meramaikan event Ideafest x Tokopedia ini. Instalasi karyanya menggambarkan keseharian para pedagang online shop serta lika-liku mereka dalam menemukan pasarnya di dunia maya. Mantap!

 

Kolaborasi Ideafest dan Tokopedia ini berhasil melengkapi keseruan-keseruan yang bisa kamu temukan di Ideafest 2017. Menurut Siska Juminto selaku Chief of Staff Tokopedia, konsep kolaborasi tema kolaborasi Ideafest 2017 sangat relevan dengan semangat Tokopedia yang terus berkomitmen memberikan kemudahan akses bagi penjualnya untuk meraih pasar yang lebih luas. Siska pun menambahkan, kolaborasi Tokopedia dengan Ideafest diharapkan mampu mendorong kreatifitas anak muda, dan memicu mereka untuk ikut serta mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

Nah gimana, guys.. Menurut kalian gimana event Ideafest 2017 ini? Seru dan bermanfaat banget, kan? Buat kamu yang gak sempet dateng di Ideafest kemarin, coba persiapkan diri kamu buat dateng di Ideafest tahun depan. Serius, kamu gak bakal nyesel deh!

- Advertisement -
Shares 2
Previous Suka Beli Obat Tanpa Pergi ke Dokter Dulu? Kenali Simbol Obat Herbal sampai Obat Keras dari Sekarang
Next Dijamin Deh! 5 Tokoh Inspirasional Ideafest 2017 ini Cocok Jadi Panutan Kamu Dalam Berkarya