Gak Perlu Jauh-jauh Ke China, Indonesia Juga Punya Jembatan Kaca Unik di Kota Malang

Kreativitas kota wisata Malang memang gak ada habisnya!

Akhir 2016 lalu, China membuat heboh dunia dengan sebuah jembatan kaca megah selebar 6 meter yang dirancang oleh arsitek asal Israel Haim Dotan.

Jembatan sepanjang 430 meter yang berhasil bikin para pengunjung tak sanggup berdiri ini memang berada 300 meter di atas tanah. Pantas saja wisatawan langsung pensaran dengan penampakan aslinya.

Tapi, tahun ini kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke China untuk menikmati sensasi melintas di jembatan kaca. Soalnya, Indonesia juga punya, lho.

- Advertisement -

Yup, jembatan ekstrim yang bikin penasaran ini baru diresmikan beberapa waktu lalu di Kota Malang, Jawa Timur. Jembatan kaca tersebut menghubungkan Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi yang dipisahkan oleh Sungai Brantas.

Tentu saja, jembatan baru ini menjadi destinasi wisata terbaru di Kota Malang. Bukan cuma karena pertama di Indonesia, tapi pemadangan di sekitarnya memang luar biasa cantik dan Instagramable.

Sejarah Kampung Warna-warni dan Tridi

via indoindians.com

Kampung Warna-warni sendiri, dulunya merupakan perkampungan kumuh yang terletak di Kelurahan Jodipan, Kota Malang. Kampung ini berada tepat di bantaran Sungai Brantas. Namun, kampung yang sebelumnya kumuh dan tak enak di pandang ini berhasil disulap jadi destinasi wisata cantik yang bikin penasaran para wisatawan.

Ide awalnya pun datang dari mahasiswa Ilmu Komunkasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menjalani praktikum di sebuah perusahaan cat di Malang.

Tak lama setelahya, kampung diseberang Jodipan, yakni kampung di Kelurahan Kesatrian pun disulap jadi sebuah kampung yang mengangkat panorama tiga dimensi.

Ide pembuatan Jembatan Kaca

via merahputih.com

Nah, karena kedua kampung ini terpisahkan oleh sungai Brantas, akhirnya muncul ide untuk membuat sebuah jembatan untuk menghubungkan keduanya. Dan sekarang, jadilah sebuah jembatan kaca yang diberi nama Jembatan Kaca Ngalam Indonesia.

Jika sebelumnya Kampung Warna-warni dan Tridi merupakan inovasi mahawiswa Ilmu Komunikasi, jembatan kaca ini di desain oleh mahasiswa Teknik Sipil UMM, Mahatma Aji dan Khoirul dibawah binaan dosennya, Lukito Prasetya.

Meskipun tak setinggi dan sepanjang di China, Jembatan Kaca Ngalam Indonesia yang memiliki panjang 25 meter dan berada di ketinggian 9,5 meter ini sudah cukup memacu adrenalin.

via jawapos.com

Penasaran kan sama penampakannya? Buruan deh datang ke Kota Malang. Sekalian buat nambah koleksi foto di Instagram, gitu.

Shares 2K
Previous Buat Kamu yang Pernah Jadi Freelancer, Pasti Pernah Mengalami 5 Hal Ini
Next Tinggal Bareng Sama Kakak Cowok? 21 Situasi Ini Pasti Pernah Kamu Alami!